Kunjungan Widya Wisata Siswa Kodiklat Komunikasi Satelit TNI Se Indonesia Di Pusat Teknologi Dan Data Penginderaan Jauh
By bambang, 08 Jun 2015
Jakarta, Jumat  05 Juni 2015, Pusat Teknologi dan Data Penginderaan Jauh menerima kunjungan dari Mabes TNI Pendidikan Spesialisasi Susujur Komunikasi Satelit dalam rangka kunjungan Widya wisata siswa Susjurtek Komsat sejumlah 20 siswa dan pendamping 3 orang, dengan ketua rombongan Pasi Ops. Jarpusdibangspes Kodiklat Mabes TNI Kapten Laut Mulyono. Tamu kunjungan di terima oleh Kepala Bidang Teknologi Pengolahan Data Drs. Kustiyo, M.Si didampingi  Sukentyas Estuti Siwi, S.Si, M.Si Peneliti Pustekdata, Drs. Abdul Asyiri, M.Si Perekayasa Pustekdata serta Hubungan Masyarakat Dra. Endang Purwanti, Bambang Haryanto, SE di ruang Demo III Pustekdata jalan Lapan no 70, Pekayon Pasar Rebo, Jakarta Timur.

Sambutan dan pembukaan dari LAPAN  oleh Kepala Bidang Teknologi  Pengolahan Data Drs. Kustiyo, M.Si  mengucapkan terima kasih dan selamat datang di kantor LAPAN dalam rangka kunjungan teknis siswa Kodiklat Mabes TNI, ini merupakan kunjungan ke II dengan harapan siswa diklat akan menambah pengetahuan tentang penginderaan jauh yang dimiliki oleh LAPAN. LAPAN dengan TNI sudah lama melakukan kerjasama dan sudah MoU diantanranya TNI AD, Dittopad, AU serta  AL dan bahkan implementasi sudah ada. Sesuai dengan maksud dan kunjungan Drs. Kustiyo, M.Si menyampaikan terkait persatelitan bahwa LAPAN  mempunyai stasiun bumi ada tiga lokasi Stasiun Bumi Penginderaan Jauh di Parepare Sulawesi Selatan, Stasiun Bumi Jakarta serta Stasiun Bumi Rumpin Jawa Barat, satelit hanya saja disini sebagai pengoperasian saja atau menerima dan merekam dari satelit berupa data penginderaan jauh. LAPAN juga memiliki tiga  satelit sendiri yanitu LAPAN A1, LAPAN A2 dan LAPAN A3. Demikian sambutan kami mudah mudahan selama kunjungan dapat memberikan manfaat yang seluas luasnya terkait data penerimaan satelit penginderaan jauh.

Sambutan Pasi Ops. Jarpusdibangspes Kodiklat Mabes TNI Kapten Laut Mulyono menyampaikan  terima kasih atas segala sambutannya, serta mohon maaf pimpinan kami Kolonel Gunardi tidak bisa hadir karena ada acara mendadak. Juga kami sampaikan bahwa siswa ini sudah tiga bulan mengikuti diklat teknik komunikasi satelit yang diikuti TNI AD, AL, dan AU serta Hankam maskud  dan tujuan siswa  widya wisata ke LAPAN untuk menabah wawasan pengetahuan tentang satelit dan harapan pengetahuan ini dapat dimanfaatkan dimasing masung kesatuan.

Presentasi  peneliti  Sukentyas Estuti Siwi memberikan   pemaparan tentang hasil  diperoleh satelit yaitu satelit penginderaan jauh, dari kansep dan pengolahan data salah satunya untuk mengambil keputusan informasi. LAPAN mempunyai tiga stasiun bumi menerima dan merekaman Stasiun Bumi Penginderaan Jauh Parepare di Sulawesi Selatan, Stasiun Bumi Penginderaan Jauh Jakarta serta Stasiun Bumi Penginderaan Jauh di Rumpin, Jawa Barat.  Sesuai yang disampaikan oleh peneliti LAPAN Sukentyas Estuti Siwi bahwa data citra satelit penginderaan jauh belum bisa dipakai secara langsung harus di olah lebih dulu karena berupa raster berupa angka angka  perlu diolah Koreksi radiometric dan geometri.

Presentasi dari Pustekdata disampaikan perekayasa Drs. Abdul Asyiri, M.Si tentang ketersediaan data penginderaan jauh yang dimiliki oleh LAPAN dan tugas dan fungsi serta diatur Inppres No. 6 Tahun 2012  tentang penyediaan, penggunaan, pengendalaian kualitas, pengolahan dan distribusi data satelit penginderaan jauh  secara detailnya menginstruksikan kepada para menteri, Panglima TNI dan POLRI, para kepala Lembaga Pemerintahan Non – Kementerian, para Gubenur dan para Bupati/Walikota serta Undang Undang No.  21 Tahun 2013 tentang Keantariksaan tugas dan fungsi LAPAN.  Berbicara soal pelayanan data bahwa LAPAN sudah dapat melayani data berbasis website dari dari data resolusi rendah, data resolusi menengah dan data resolusi tinggi. Adapun data resolusi rendah (Terra/Aqua, NPP, NOAA-18/19, Metop MTSAT-1R), data resolusi menengah (Landsat-7,Landsat-8) dan data resolusi tinggi  9 SPOT-5,SPOT-6, SPOT-7.

Dari kunjungan siswa widya wisata Susjurtek Komsat ke  LAPAN Pekayon merupakan pengalaman  baru pengenal tentang satelit citra penginderaan jauh yang dimeliki pemerintah khususnya Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional, manfaatnya bisa digunakan sesuai dengan kebutuhan instansi dan khususnya bisa dipakai di TNI. Acara dilanjutkan visitasi fasilitas di Pustekdata – LAPAN showroom, Data center, stasiun bumi Jakarta. (Humas Pustekdata)