KUNJUNGAN KERJA PEMERINTAH DAN KOMISI C DPRD KABUPATEN KENDAL DAN ANGGOTA KE LAPAN PEKAYON
By bambang, 17 Feb 2015
Jakarta, Selasa, 17 Pebruari 2015, Pusat Teknologi dan Data Penginderaan Jauh menyambut kunjungan kerja pemerintah Kabupaten Kendal didampingi DPRD Komisi C dalam rangka kunjungan kerja penyusunan rencana detail tata ruang serta  aplikasi data penginderaan jauh dalam mendukung tata ruang, tamu undangan  sebanyak 17 orang diterima langsung oleh Kepala Pusat dan Data Penginderaan Jauh Ir. Dedy Irawadi didampingi Kabid. Bank Data Ir. Rubini Jusuf, M.Si didampingi peneliti Drs. Abdul Asyiri, M.Si dan Andie Setiyoko, ST. M.Tech diruang training Pustekdata jalan Lapan No. 70, Pekayon Pasar Rebo, Jakarta Timur.

Sambutan dan pemaparan dari Kepala Pusat Teknologi dan Data Penginderaan Jauh Ir. Dedy Irawadi menyampaikan mengucapkan terima kasih atas kunjungan  di Lapan Pekayon,  dalam pemaparan dengan tema ‘Ketersediaan dan Potensi Pemanfaatan Data Penginderaan Jauh” secara struktul organasasi Lapan khususnya pada Pusat Teknologi dan Data Penginderaan Jauh,  mengimplementasikan Instruksi Presiden No. 6 Tahun 2012 dan Undang-Undang Republik Indonesia No. 21 Tahun 2013. Instruksi Presiden No. 6 Tahun 2012 tentang tentang Penyediaan, Penggunaan, Pengendalian Kualitas, Pengolahan, dan Distribusi Data Satelit Penginderaan Jauh Resolusi Tinggi, Kewajiban LAPAN : menyediakan data satelit penginderaan jauh resolusi tinggi dengan lisensi Pemerintah Indonesia; meningkatkan kapasitas dan operasi sistem akuisisi data satelit penginderaan jauh resolusi tinggi; melaksanakan penyediaan data satelit penginderaan jauh resolusi tinggi sesuai dengan ketentuan Peraturan Perundang-undangan; melakukan pengolahan atas data satelit penginderaan jauh resolusi tinggi berupa koreksi radiometrik dan spektral; membuat metadata atas data satelit penginderaan jauh resolusi tinggi sesuai dengan Standar Nasional Indonesia; melakukan penyimpanan data satelit penginderaan jauh resolusi tinggi; dan bersama Badan Informasi Geospasial melakukan pengendalian kualitas terhadap data satelit penginderaan jauh resolusi tinggi.

Data Citra Satelit Penginderaan jauh diterima dan direkam tiga stasiun, Stasiun Bumi Parepare Sulawesi Selatan dan Stasiun Bumi Jakarta serta stasiun Bumi Rumpin Jawa Barat, data  yang diterima LAPAN antara lain Res. Rendah (Terra/Aqua,NPP, NOAA-18/19, Metop, MTSAT-1R); Res. Menengah (Landsat-7, Landsat-8); Res. Tinggi (SPOT-5, SPOT-6, SPOT-7)  dengan demikian untuk Kementerian/lembaga dan Departemen dapat memperoleh data resolusi tinggi dengan ditentukan persyaratan yang telah ditetapkan.


Sambutan ketua Komisi C DPRD Kabupaten Kendal  H. Nahsri, A.Md menngucapkan terima kasih diterimanya kami di Lapan serta menyampaikan juga maksud dan tujuan kunjungan ke Lapan  ingin mengetahui lebih dekat dan langsung  terkait dengan data citra setelit yang dimiliki Lapan khususnya untuk digunakan di Kabupaten Kendal tentang tata ruang serta persyaratan apa yang perlu kami lengkapi sekiranya jadi patner membina Kabupaten Kendal.  Dilanjutkan sambutan Kepala Dinas Ciptaru kabupaten Kendal M. Noor Fauzie, St, MT menyampaikan terima kasih dengan harapan ada tindaklanjut ke Kabupaten Kendal untuk penataaan kembali tata ruang serta pengembangan sumber daya manusia tentang teknologi apalikasi dan data citra satelit penginderaan jauh dukungan bimtek SDM DPRD merekomendasi untuk kepentingan pembangunan daerah.(Humas_Pustekdata_Bambang Haryanto_Endang Purwanti)