HARI KE -3 KOLOKIUM AKHIR TAHUN KEGIATAN LITBANGJIRAP PUSTEKDATA T.A. 2020
By bambang, 16 Dec 2020
Jakarta, Rabu, 16 Desember 2020, Pusat Teknologi dan Data Penginderaan Jauh (Pustekdata) – LAPAN melaksanakan Kolokium Akhir Tahun Kegiatan Penelitian, Pengembangan, Pengkajian dan Penerapan (Litbangjirap) secara offline di Gedung Indriya Bhuana Pustekdata – LAPAN dan secara online. Acara ini terlangsung 3 hari kerja terhitung dari tanggal 14 s.d 16 Desember 2020. 

Kolokium di hari ke-3 dengan Agenda Presentasi dan Diskusi Hasil Tugas Belajar dan Kegiatan Internal, serta Evaluasi dan Rangkuman Litbangjirap Pustekdata 2020 dan di akhiri penutupan yang di hadiri oleh Kapustekdata, Ir Dedi Irawadi, para Koordinator Bidang, Sub Koordinator Bidang, Kepala kelompok Penelitian (Kapoklit) serta peneliti dan perekaya dilingkungan Pustekdata.

Kolokium hari ke -3 dengan Agenda yang pertama ada lima Presentasi dan diskusi hasil tugas belajar dan kegiatan internal, kedua Evaluasi dan rangkuman litbangjirap Pustekdata 2020, di akhiri penutupan dan acara pagi ini dibuka oleh Koordinator Bidang Program dan Fasilitas Pustekdata . Agenda pertama sebagai di pimpin oleh Suhermanto, dari lima presentasi dan diskusi hasil tugas belajar dan kegiatan internal sebagai berikut : Cloud classification using split window algorithm : in comparision between himawari-8 and modis data (S3-CibaUniv) di sampaikan oleh Babag Purbantoro, Metode deteksi patern recoqnation pola bangunan menggunakan CNN convolution (S2-TUDelf) disampaikan oleh Musyarofah, Model Dinamika Spasial Penyediaan Ruang Terbuka Hijau Berdasarkan Kebutuhan Oksigen di Kota Depok (S2-UI) di sampaikan oleh Dian Novita, Pengembangan metode color balancing dan misaligment antar tile pada mosaik data resolusi tinggi optik (Insinas) di sampaikan oleh D. Heri Yul Sulyantoro dkk, Pemanfaatan data penginderaan jauh untuk pertanian berbasis AI (PASCO) di sampaikan oleh Kustiyo, dkk.  

Setelah acara presentasi, dilanjutkan sesi diskusi dan tanya jawab. Banyak masukan dan saran yang diberikan oleh para pakar untuk ditindaklanjuti ke lima presenter hasil penelitian dapat memberikan kontribusi kepada LAPAN khususnya Pustekdata, serta hasil S-2 dan S-3 punya kekhasan/ spesialisasi keahlian dan didorong menjadi tokoh nasional sebagai Keynote Speaker dan hasil penelitian bisa diajukan untuk paten HKI (software, metode). Acara berjalan tertib dan lancar dan acara Kolokium Akhir Tahun Kegiatan Penelitian, Pengembangan, Pengkajian dan Penerapan (Litbangjirap) diakhiri penutupan.