KOLOKIUM II AKHIR TAHUN KEGIATAN LITBANGJIRAP PUSTEKDATA
By rita.silviana, 15 Dec 2020
Jakarta, Selasa 15 Desember 2020, Pusat Teknologi dan Data Penginderaan Jauh (Pustekdata) LAPAN melaksanakan Kolokium II Akhir Tahun Kegiatan Penelitian, Pengembangan, Pengkajian dan Penerapan (Litbangjirap) dari kelompok Teknologi Pengolahan Data (Teklahta) dan Kelompok Pengelolaan dan Distribusi Data (Lodista). Kegiatan ini dilaksanakan secara langsung dari Gedung Indriya Bhuana dan secara online yang dihadiri oleh Kapustekdata, Koordinator Bidang Program dan Fasilitas, Koordinator Bidang Diseminasi serta Peneliti dan Perekaya Pustekdata.

Acara dibagi dalam dua sesi. Sesi pertama adalah Presentasi dan diskusi dari kelompok Litbangjirap Teklahta yang dipimpin oleh Kustiyo, dengan menyampaikan 5 presentasi litbangji dan 3 presentasi kegiatan operasinal dengan judul: Pengolahan Data Resolusi Rendah oleh Babag Purbantoro; Pengolahan Data Optik Resolusi Menengah oleh Fadhila Muchsin; Pengembangan Metode Pengolahan Data Optik Resolusi Tinggi Optik oleh Danang Surya Chandra; Pengembangan Pengolahan Data SAR Multi waktu oleh Novie Indriasari; Pengolahan Analysis Ready Data (ARD) oleh Yudhi Prabowo; Pengembangan Pengolahan Analysis Ready Data (ARD); Operasional Pengolahan Mosaik Data Optik Resolusi Menengah, Tinggi, Sangat Tinggi dan SAR Wilayah Indonesia oleh Sukentyas Estuti Siwi; Operasional ARD SAR (Sentinel-1 dan ALOS-2) oleh Marendra Eko Budiono dan Penerapan Data per scene Optik dan SAR oleh Hendayani.

Untuk sesi kedua siang hari adalah dari kelompok Litbangjirap Lodista yang dipimpin oleh Muhammad Muchlis, dengan menampilkan tujuh presentasi yaitu : LAPAN Engine oleh Wismu Sunarmodo; Masterplan BDPJN 4.0 oleh Ogi Gumelar; Pengembangan Katalog SAR oleh Marendra Eko Budiono; Operasional dan Litbang SPACeMAP oleh Gusti Darma Yudha; Operasional Katalog Data oleh Anis Kamilah Hayati; Penerapan Data Center oleh Riyan Mahendra Saputra dan Apresiasi Indriya Mandrawa oleh Abdul Asyiri.

Setelah acara presentasi, dilanjutkan sesi diskusi dan tanya jawab. Banyak masukan dan saran yang diberikan oleh para pakar untuk ditindaklanjuti para peneliti dan perekayasa terkait. Acara berjalan tertib dan lancar dari awal hingga akhir.