SOSIALISASI SPACEMAP PUSTEKDATA DI BAPPEDA PROVINSI JAWA TIMUR
By bambang, 24 Nov 2020
Surabaya, Selasa, 24 November 2020 Pusat Teknologi dan Data Penginderaan Jauh (Pustekdata) LAPAN melakukan Sosialisasi SPACeMAP di Convention Hall Kantor Bappeda Provinsi Jawa Timur yang dihadiri sekitar 30 orang dari berbagai Instansi terkait diantaranya Dinas Kominfo, Dinas Perhubungan, Dinas PU Bina Marga, Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman dan Cipta Karya Provinsi Jawa Timur. 

Acara dibuka oleh Dra. Maratus Sholihah, M.Si. mewakili Kepala Bappeda Provinsi Jawa Timur, dimana dalam sambutannya beliau meyampaikan tujuh Prioritas Program Pembangunan Provinsi Jawa Timur yaitu Pemulihan Ekonomi Kerakyatan melalui Peningkatan Nilai Tambah Sektor Sekunder dan Pariwisata; Penguatan Konektivitas antar Wilayah dalam Upaya Pemerataan Hasil Pembangunan serta Peningkatan Layanan Infrastuktur; Peningkatan Kualitas Pendidikan, Kesehatan, Produktivitas dan Daya Saing Ketenagakerjaan serta Pengentasan Kemiskinan; Meningkatkan Kepedulian Sosial dan Pelestarian Nilai-Nilai Budaya Lokal; Peningkatan Kemandirian Pangan, dan Pengelolaan Sumber Daya Energi; Peningkatan Ketahanan Bencana dan Lingkungan Hidup melalui Pengarusutamaan Upaya Adaptasi dan Mitigasi Perubahan Iklim; Peningkatan Ketentraman, Ketertiban Umum dan Peningkatan Pelayanan Kualitas Publik bagi Masyarakat Jawa Timur. 

Acara dilanjutkan pemberian paparan oleh Kapustekdata, Ir. Dedi Irawadi mengenai “Penyediaan dan Pemanfaatan Data Penginderaan Jauh untuk Mendukung Pembangunan Daerah” kemudian dilanjutkan pengenalan penggunaan dan cara kerja Portal Data Penginderaan Jauh SPACeMAP oleh staf Teknis Pustekdata, Nico Cendiana. Sebagai penutup dari rangkaian kegiatan sosialisasi ini dilakukan Penyerahan Akun Portal SPACeMAP dan Pemberian Peta Citra Satelit kepada Bappeda Provinsi Jawa Timur.