PENILAIAN DAN VISITASI ONLINE PUSTEKDATA SEBAGAI SALAH SATU FINALIS PENERIMA PENGHARGAAN BHUMANDALA AWARD 2020
By ngadino, 04 Nov 2020
Pusat Teknologi dan Data Penginderaan Jauh (Pustekdata) LAPAN telah terpilih sebagai salah satu finalis nominasi Simpul Jaringan Informasi Geospasial – Bhumandala Award 2020 untuk kategori penghargaan tingkat Kementerian/Lembaga (K/L). Bhumandala Award adalah sebuah penghargaan yang diselenggarakan Badan Informasi Geospasial (BIG) terhadap upaya pembangunan simpul jaringan informasi geospasial kepada K/L dan Pemerintah Daerah yang dinilai terbaik dalam upayanya mempersiapkan diri dan membangun simpul jaringan. Pustekdata sebagai enam besar nominasi terbaik tingkat K/L berdasarkan hasil evaluasi tahap pertama yaitu penilaian terhadap kuesioner dan penilaian online yang gunanya mengevaluasi keberadaan dan operasionalisasi simpul jaringan. 

Dalam rangka evaluasi tahap selanjutnya, Pustekdata menjalani visitasi dan verifikasi nominasi simpul jaringan secara online melalui zoom meeting pada Senin, 2 November 2020. Kegiatan penilaian dan visitasi online dibuka oleh Kepala Pusat Standardisasi dan Kelembagaan Informasi Geospasial, BIG, dilanjutkan presentasi dari Kepala Pustekdata mengenai pengembangan dan pemanfaatan SPACeMAP sebagai simpul jaringan LAPAN. Dalam presentasi tersebut, Kepala Pustekdata memaparkan mengenai integrasi portal SPACeMAP dengan aplikasi pengguna, pembangunan simpul jaringan, pemanfaatan simpul jaringan, serta rencana pengembangan dan strategi keberlanjutan simpul jaringan. Di akhir presentasi ditayangkan video mengenai bisnis proses data mosaik optis dan radar pada SPACeMAP. 

Selanjutnya dilakukan diskusi dan verifikasi yang dilaksanakan oleh dua juri dari Institut Teknologi Bandung (ITB) dan BIG. Kegiatan verifikasi diakhiri dengan kunjungan virtual ke fasilitas Data Center Pustekdata. Pada kunjungan virtual dijelaskan mengenai sistem penyimpanan dan keamanan data serta sistem jaringan di Pustekdata. Seluruh hasil kegiatan verifikasi dan visitasi online ini akan dipertimbangkan oleh tim juri untuk menilai dan menentukan peringkat Pustekdata sebagai simpul jaringan terbaik untuk Kategori K/L.