KUNJUNGAN KERJA PUSAT INFORMASI MARITIM TNI DI KEDEPUTIAN INDERAJA LAPAN
By ngadino, 06 Aug 2020
Rabu, 05 Agustus 2020, Pusat Informasi Maritim TNI (Pusinfomar) melakukan kegiatan kunjungan kerja ke Kedeputian Bidang Penginderaan Jauh LAPAN. Rombongan tamu ini berjumlah enam orang yang dipimpin oleh Wakil Kepala Pusinfomar TNI Kolonel Laut (P) Arif Badrudin dan didampingi lima pejabat di bawahnya. Kunjungan tersebut diterima langsung oleh Kepala Biro Kerja Sama, Hubungan Masyarakat dan Umum (Karo KSHU), Christianus Dewanto bersama Kepala Pusat Teknologi dan Data (Kapustekdata), Dedi Irawadi dan Kepala Pusat Pemanfaatan Penginderaan Jauh (Kapusfatja), M. Rokhis Khomarudin. 

Pada kesempatan tersebut para Kapus yang hadir yaitu Kapus Infomar TNI, Kapustekdata LAPAN dan Kapusfatja LAPAN menyampaikan paparan untuk memberikan gambaran mengenai kegiatan dari masing-masing pusat, sehingga dicapai titik temu untuk saling mendukung dan membantu. Dalam paparan tersebut Pusinfomar TNI menyampaikan harapannya untuk kerja sama dengan LAPAN dalam bidang information sharing terkait teknologi & data inderaja (citra satelit), deteksi emisi CO2, pembuangan limbah kapal, transhipment, data ais satelit, konfirmasi data kapal-kapal yang diduga melakukan tindakan tidak wajar (anomali). 

Paparan selanjutnya disampaikan oleh Kapustekdata terkait Sistem Penerimaan, Pengolahan dan Manajemen Data Penginderaan Jauh di LAPAN. Beliau menyampaikan beberapa produk Pustekdata yang bisa digunakan untuk mendukung kegiatan TNI diantaranya adalah data-data satelit optis mulai dari resolusi rendah, menengah, tinggi dan sangat tinggi, data-data satelit RADAR yang bebas awan, produk SPACeMAP (Sistem Penyajian dAta penginderaan jauh yang Cepat, Mudah, Aman dan Populer), penyediaan mosaik data inderaja bebas awan, sistem katalog data yang tersedia link datanya secara online. Disamping itu ditawarkan juga kerjasama untuk peningkatan kapasitas SDM dalam bidang pengolahan citra satelit. 

Paparan terakhir dari LAPAN disampaikan oleh Kapusfatja terkait beberapa pemanfaatan data penginderaan jauh untuk mendukung operasional TNI khususnya dalam bidang kemaritiman, diantaranya informasi berbasis penginderaan jauh sektor perikanan dan kelautan, penggunaan data Zona Potensi Penangkapan Ikan (ZPPI) untuk patroli keamanan laut (kerjasama dengan Bakamla), informasi suhu permukaan laut, informasi klorofil laut, informasi muatan padatan tersuspensi, informasi mangrove, dan informasi Bathimetri, dan informasi oil spill. Disamping itu Pusfatja juga menawarkan tentang kesiapannya untuk membantu peningkatan kapasitas SDM dalam bidang pemanfaatan data inderaja.  

Selesai paparan, acara dilanjutkan dengan diskusi, foto bersama dan kunjungan fasilitas. Seluruh rangkaian acara berjalan tertib dari awal hingga akhir, dan tetap mengikuti protokoler Covid-19.