KAPUSTEKDATA LAPAN LAKUKAN SOSIALISASI PENGINDERAAN JAUH DAN PENDAMPINGAN KUNKER KOMISI VII DPR RI DI PROVINSI KALIMANTAN UTARA
By ngadino, 02 Mar 2020
Berkenaan dengan reses masa persidangan II tahun 2019-2020, sebanyak 18 orang anggota Komisi VII DPR RI yang dipimpin oleh Ketua Tim H. Alex Noerdin melakukan kunjungan kerja ke Provinsi Kalimantan Utara. Komisi VII adalah salah satu dari sebelas Komisi DPR RI dengan lingkup tugas di bidang Energi, Riset dan Teknologi, dan Lingkungan Hidup, dimana LAPAN sebagai salah satu mitra kerja Komisi VII DPR turut serta mendampingi kunjungan kerja tersebut yang diwakili oleh Kepala Pusat Teknologi dan Data Penginderaan Jauh (Pustekdata) LAPAN, Ir. Dedi Irawadi. Acara ini disambut dan dibuka secara resmi oleh Gubernur Provinsi Kalimantan Utara, Dr. Ir. H. Irianto Lambrie, M.M. di Kantor Gubernur Provinsi Kalimantan Utara, Senin, 02 Maret 2020. 

Acara tersebut dihadiri sekitar 100 orang diantaranya Pimpinan DPRD Provinsi Kalimantan Utara, beberapa perwakilan dari Kementerian/Lembaga/Dinas terkait seperti Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, Kementerian Riset dan Teknologi/BRIN, Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral Provinsi Kalimantan Utara, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia, Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi, Badan Informasi Geospasial, Badan Tenaga Nuklir Nasional, Badan Pengawas Tenaga Nuklir, Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi, Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi, PT. Pertamina (Persero), PT. Perusahaan Gas Negara, Tbk, dan PT. Perusahaan Listrik Negara.  

Pada kesempatan tersebut, LAPAN juga melakukan sosialisasi penginderaan jauh dan mendapat sambutan yang hangat dari seluruh peserta. Pertemuan kunjungan kerja ditutup dengan penyerahan cendera mata berupa produk LPNK (Lembaga Pemerintah Non Kementerian) di bawah koordinasi Kemenristek secara simbolis dari Ketua Tim Komisi VII kepada Gubernur Provinsi Kalimantan Utara. Tidak ketinggalan, Kapustekdata yang mewakili LAPAN juga memberikan mockup Pesawat N219 dari Pusat Teknologi Penerbangan (Pustekbang) dan juga produk Pustekdata berupa Peta Citra Satelit Pleiades tanggal 14 Juni 2018, lokasi Kantor Gubernur Provinsi Kalimantan Utara. Semua rangkaian acara berjalan tertib dan lancar sesuai yang direncanakan.