PUSTEKDATA LAPAN MENERIMA KUNJUNGAN SMK PU NEGERI BANDUNG
By ngadino, 15 Jan 2020
DE – INDERAJA | Jakarta, Rabu 15 Januari 2020, Pusat Teknologi dan Data Penginderaan Jauh (Pustekdata) LAPAN menerima kunjungan SMK Pekerjaan Umum Negeri Bandung sebanyak 80 orang terdiri dari 70 siswa/siswi kelas XI Program Studi Teknik Geomatika dengan didampingi 10 orang guru pendamping. Tamu kunjungan diterima di gedung Indriya Bhuwana oleh Ngadino mewakili pimpinan Pustekdata sedangkan sebagai narasumber adalah Peneliti Senior, Mulia Inda Rahayu. 

Dalam sambutannya Ngadino menyampaikan ucapan terima kasih atas kepercayaan SMK Pekerjaan Umum Negeri Bandung yang sudah ketiga kalinya mengunjungi Pustekdata, dengan harapan semua kunjungan membawa manfaat bagi para siswa khususnya untuk menambah wawasan pengetahuan tentang LAPAN dan Penginderaan Jauh. Disampaikan pula, bahwa LAPAN siap melayani permohonan data untuk menunjang peningkatan kualitas pengajaran, karena dengan menggunakan data-data satelit terbaru diharapkan bisa membantu para guru dan siswa untuk memahami tentang ilmu penginderaan jauh. Sementara itu sambutan dari SMK Pekerjaan Umum Negeri Bandung yang diwakili oleh Hendri Samodra menyampaikan rasa terima kasih atas diterimanya kunjungan yang ketiga kalinya ini dengan medapatkan pelayanan yang sangat baik, ramah dan edukatif. 

Acara dilanjutkan dengan presentasi dari narasumber (peneliti dari Pustekdata), Mulia Inda Rahayu yang memaparkan tentang Sistem Akuisisi, Pengolahan dan Manajemen Data Penginderaan Jauh di LAPAN. Beliau memaparkan aktivitas penginderaan jauh di LAPAN secara rinci dari hulu sampai hilir, mulai dari teknologi akuisisi dan perekaman, pengolahan, penyimpanan dan pendistribusian data kepada para pengguna. Para siswa/siswi terlihat sangat antusias mendengarkan paparan dari narasumber, dan acara diakhiri dengan kunjungan ke Fasilitas Pelayanan Data dan Show Room.