KUNJUNGAN KERJA KOTA KOTAMOBAGU KE LAPAN
By bambang, 20 Dec 2019
DE – INDERAJA | Jakarta, Kamis 19 Desember 2019,  Pusat Teknologi dan Data Penginderaan Jauh menerima kunjungan kerja dari  Kota Kotamobagu Provinsi Gorontalo dalam rangka Koordinasi dan Asistensi sehubungan rencana pelaksanaan Bimtek di Pustekdata - LAPAN. Tamu kunjungan kerja diterima oleh Kepala Bidang Diseminasi Pustekdata Ir. Rubini Jusuf, M.Si di ruang rapat Neptunus Pustekdata.

Kepala Bidang Diseminasi Pustekdata Ir. Rubini Jusuf, M.Si dalam sambutanya menyampaikan beberapa hal tentang instrumen antara lain Inppres Nomor 6 Tahun 2012 tentang Penyediaan, Penggunaan, Pengendalian Kualitas, Pengolahan Dan Distribusi Data Satelit Penginderaan Jauh Resolusi Tinggi, Undang Undang Nomor 21 Tahun 2013 Tentang Keantariksaan, PP Nomor 11 Tahun 2018 Tentang Tata Cara Penyelenggaraan Kegiatan Penginderaan Jauh peraturan inilah dalam penyelenggaraan data citra satelit penginderaan jauh yang di kelola oleh Pustekdata – LAPAN. Adapun produk data citra satelit penginderaan jauh yang dihasilkan oleh Pustekdata saat ini yaitu data citra satelit resolusi rendah seperti Terra, Aqua, S-NPP, NOAA-18, NOAA-19, Metop, Himawari-8, data citra satelit resolusi menengah seperti Landsat-7, Landsat-8, data citra satelit resolusi tinggi yaitu SPOT-6, SPOT-7, dan data citra satelit resolusi sangat tinggi yaitu data Satelit Pleiades, satelit TerraSAR-X dan Satelit TanDEM-X yang bebas awan.   Dan selanjutnya data tersebut di distribusikan kepada pengguna yaitu Pemerintah Daerah, Kementeriaan / Lembaga dan TNI/POLRI. Untuk meningkatkan sumberdaya manusia LAPAN juga menyelenggarakan bimbingan teknis pengolahan data penginderaan jauh dan sistem informasi geografis SIG kepada pengguna untuk mendukung perencanaan pembangunan pemerintah daerah.

Kepala Sub Bagian Pemerintahan Kota Kotamobagu  Fahrin Ambaru S.I.P. menyampaikan maksud kunjungan kerja ke LAPAN adalah Koordinasi dan Asistensi sehubungan rencana pelaksanaan bimtek bagi Perangkat Desa Se Kota Kotamobagu dalam upaya untuk mendukung kegiatan Inventarisasi dan Pembakuan Nama Rupabumi serta Penetapan dan Penegasan Batas Desa  dengan menggunakan  pemanfaatan data penginderaan jauh yang di miliki oleh LAPAN. Dalam upaya penataan data sekaligus peningkatan Pendapatan Asli Daerah melalui sektor PBB P2.

Kepala Sub Bagian Pemerintahan Kota Kotamobagu  Fahrin Ambaru S.I.P. menyampaikan kunjungan kerja berjumlah  20 Orang  terdiri dari Pemerintah Kota Kotamobagu Bagian Pemerintahan Setda Fahrin Ambaru, S.IP, Unsur Pemerintah Kecamatan Ariono Potabuga, S.Pd, ME selaku Camat Kotamobagu Utara serta Drs. Usmar Mamonto selaku Camat Kotamobagu Timur dan Perwakilan Unsur Pemerintah Desa terdiri dari 6 Sangadi Kepala Desa dan Sekdes/Perangkat Se Kota Kotamobagu. Sebagai informasi Kota Kotamobagu terdiri dari 4 Kecamatan, 18 Kelurahan dan 15 Desa. terima kasih.

Dengan demikian kunjungan kerja hasil tindak lanjut bimtek secepatnya akan segera di realisasikan dan akan di musyawarahkan untuk pendelegasian antara kecamatan dengan kelurahan/Desa. Acara diakhiri kunjungan ke fasilitas penginapan, ruang praktikum/lab.