Kedeputian Bidang Penginderaan Jauh LAPAN Menerima Kunjungan Mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Sriwijaya
By bambang, 17 Dec 2019
DE – INDERAJA |  Jakarta,  Senin, 16 Desember 2019, Kedeputian Bidang  Penginderaan Jauh  LAPAN   menerima kunjungan 66 mahasiswa/mahasiswi jurusan Teknik  Elektro Fakultas Teknik Universitas Sriwijaya dalam rangka Praktek Kerja Lapangan di dampingi 2 dosen pendamping   Kunjungan  diterima oleh Kepala Bidang Diseminasi Pusfatja M. Priyatna, MT, di damping Dr.  Rahmad Arief, S.Si., M.Eng. Peneliti Pustekdata serta Mohammad Ardha, S.Si. peneliti Pusfatja di gedung pertemuan Pusfatja.

Sambutan Kepala Bidang Diseminasi Pusat Pemanfaatan Penginderaan Jauh M. Priyatna, MT menyampaikan terima kasih atas kadatangannya Universitas Sriwijaya  ke Pustekdata – LAPAN. Kabid Diseminasi Pusfatja  menyampaikan tugas dan fungsi LAPAN khususnya di Lingkungan Kedeputian Bidang Penginderaan Jauh, diantaranya LAPAN memiliki tiga stasiun bumi  ( Stasiun Bumi Paepare, Stasiun Bumi Jakarta, Stasiun Bumi Rumpin ), serta data Center/ Bank Data Penginderaan Jauh Nasional.  Adapun Data Citra Satelit Penginderaan Jauh yang di akuisisi LAPAN antara lain data citra penginderaan jauh multi resolusi dan multi temporal seperti Landsat, SPOT, Pleiades, TerraSAR-X, NOAA, Himawari-8. Data tersebut dapat dimanfaatkan berbagai macam kebutuhan, juga Kabid Diseminasi menjelaskan teknologi aplikasi SpaCeMAP (Sistem Penyajian Data yang Cepat, Mudah, Aman, dan Populer) dan Simpadora. Semoga kunjungan ke LAPAN waktu yang terbatas dapat dimanfaatkan sebaik baiknya dan tidak menutup kemungkinan kalau Universitas Sriwijaya akan melakukan PKL atau tugas akhir di LAPAN.

Sambutan dari Sekretaris Jurusan Teknik Elektro UNSRI Dr. Herlina Wahab menyampaikan terimakasih atas diterima kami dapat mengunjungi di LAPAN, semoga kunjungan perdana ini bisa menjalin kerjasama dalam hal penelitian, tugas akhir maupun transfer ilmu  tentang teknologi dan pemanfaatan informasi penginderaan jauh antara dosen UNSRI dengan LAPAN.

Acara dilanjutkan dengan presentasi dari narasumber (peneliti dari Pustekdata) Dr. Rahmat Arief, S.Si.,M.Eng. yang memaparkan tentang Sistem Akuisisi, Pengolahan dan Manajemen Data Penginderaan Jauh di LAPAN yang meliputi tugas pokok dan fungsi Pustekdata, pengenalan inderaja, teknologi satelit, sistem perekaman data, pengolahan data sampai kepada spesifikasi dan distribusi data untuk para user atau para pemangku kepentingan. Para Mahaiswa terlihat sangat antusias mendengarkan paparan dari narasumber. Antusiasme para Mahasiswa tampak saat acara dilanjutkan dengan sesi diskusi dan tanya jawab. Semua acara berjalan dengan tertib dan lancar, sehingga para dosen dan mahasiswa merasa mendapat manfaat dengan kunjungannya di Pustekdata.