WAKIL BUPATI KAYONG UTARA BERKUNJUNG KE PUSTEKDATA LAPAN
By ngadino, 10 Dec 2019
Selasa, 10 Desember 2019, Kepala Pusat Teknologi dan Data Penginderaan Jauh (Kapustekdata Inderaja), Dedi Irawadi, menerima kunjungan Wakil Bupati Kayong Utara, Effendi Achmad bersama tiga orang pejabat Pemkab. Kayong Utara. Kunjungan tersebut merupakan tindak lanjut dari hasil sosialisasi Penyediaan dan Pemanfaatan Data Pengideraan Jauh untuk Mendukung Pembangunan Daerah yang telah dilaksanakan di Aula Rakyat Kabupaten Kayong Utara pada tanggal 15 Oktober 2019 lalu. Kedatangan Wakil Bupati Kayong Utara tersebut dalam rangka meminta bantuan LAPAN mengenai penyediaan data-data citra satelit penginderaan jauh untuk wilayah Kabupaten Kayong Utara. 

Disamping data-data inderaja, beliau memohon kepada Pustekdata untuk membantu peningkatan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) Pemkab. Kayong Utara berupa bimbingan teknis pengolahan citra untuk SDM yang ada di Organisasi Perangkat Daerah maupun Aparatur Pemerintahan Desa. Ucapan terima kasih juga disampaikan Wakil Bupati Kayong Utara kepada Kapustekdata LAPAN yang telah membantu menyediakan data-data inderaja yang telah dimanfaatkan untuk penyelesaian batas desa di beberapa kecamatan wilayah Kab. Kayong Utara. Beliau berharap segera memperoleh data-data inderaja yang diperlukan untuk penyelesaian batas wilayah dengan beberapa kabupaten tetangga. Prioritas pembangunan Kabupaten Kayong Utara saat ini adalah Pengembangan Pariwisata, Pengembangan Sektor Perikanan dan Pengembangan Sektor Pajak. Ketiga sektor pembangunan tersebut sangat membutuhkan ketersediaan data-data inderaja yang uptodate.  

Dalam pembicaraan tersebut Kepala Bidang Diseminasi Pustekdata, Rubini Jusuf, menyampaikan skedul bimtek regular tahun 2020 untuk peningkatan kapasitas SDM Pemkab. Kayong Utara dan telah disetujui oleh pihak Wakil Bupati Kayong Utara maupun Kapustekdata LAPAN. Adapun pelaksanaan bimtek dimaksud adalah pada minggu pertama Februari 2020 untuk SDM dari OPD dan minggu kedua bulan Maret 2020 untuk Aparatur Pemerintahan Desa. Setelah acara pertemuan tersebut Wakil Bupati Kayong Utara menyempatkan diri untuk mengunjungi fasilitas bimtek di Pustekdata yaitu Ruang Laboratorium dan Fasilitas Penginapan untuk para peserta Bimtek.