PUSTEKDATA MENERIMA KUNJUNGAN SISWA DIKSPESPA HIDROS TNI-AL
By ngadino, 25 Nov 2019
DE – INDERAJA | Jakarta, 25 November 2019 Pusat Teknologi dan Data Penginderaan Jauh (Pustekdata) LAPAN menerima kunjungan 20 siswa Dikspespa Hidros Komando Pendidikan Operasi Laut Pusat Pendidikan Hidro-Oseanografi TNI-AL yang terdiri dari 18 siswa perwira TNI-AL, 1 perwira dari Angkatan Laut Sri Langka dan 1 siswa perwira dari Angkatan Laut Malaysia. Kunjungan tersebut dipimpin oleh Komandan Sekolah Perwira Hidros Letkol Laut (P) Agus Sutrianto, S.T., didampingi Waslat Letkol Agung Dasa Febri, S.T., M.T. beserta jajarannya. Tamu Kunjungan diterima oleh Ngadino mewakili pimpinan Pustekdata didampingi dua narasumber Yudhi Prabowo, S.T., M.Sc. peneliti Pustekdata dan Sartono Marpaung, S.Si. peneliti Pusfatja. di Gedung Indriya Bhuana, Pustekdata, LAPAN, Jakarta Timur. 

Dalam sambutannya Ngadino menyampaikan rasa terima kasih atas kepercayaannya kepada Pustekdata LAPAN dan telah beberapa kali mengunjungi Pustekdata untuk memperoleh informasi lebih detail terhadap kegiatan di Pustekdata. Beliau juga menyampaikan permohonan maaf dari pimpinan karena kesibukan ditempat lain yang tidak bisa ditinggalkan sehingga tidak dapat hadir untuk menyambut kunjungan teman-teman dari TNI-AL. 

Lebih jauh Ngadino menyampaikan beberapa dasar hukum yang menjadi landasan berlangsungnya kegiatan di Pustekdata, diantaranya Inpres No. 6 Tahun 2012 tentang Penyediaan, Penggunaan, Pengendalian Kualitas, Pengolahan dan Distribusi Data Satelit Penginderaan Jauh Resolusi Tinggi, Undang-Undang No. 21 Tahun 2013 tentang Keantariksaan dan Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2018 tentang Tata Cara Penyelenggaraan Penginderaan Jauh di LAPAN. Beliau menjelaskan semua landasan hukum tersebut kepada pengunjung secara ringkas, padat dan mudah dipahami. 

Sementara Komandan Sekolah Perwira Hidros Letkol Agus Sutrianto, S.T. menyampaikan ucapan terima kasih atas diterimanya kunjungan beliau bersama rombongan dan berharap kunjungan tersebut dapat menambah wawasan, pengetahuan serta edukasi langsung kepada siswa-siswi Dikspespa Hidros tentang penginderaan jauh. Beliau menyampaikan maksud dan tujuan kunjungannya ke LAPAN, pertama untuk pelaksanaan program studi diklat, kedua ingin mengetahui langsung tugas dan fungsi LAPAN, ketiga meningkatkan pengetahuan untuk peserta diklat tentang penginderaan jauh. 

Narasumber Yudhi Prabowo, ST., M.Sc., dalam pemaparannya menyampaikan materi dengan tema Pengenalan Sistem Penerimaan, Pengolahan dan Pengelolaan Data Satelit Penginderaan Jauh di LAPAN. Dalam salah satu materi paparannya beliau juga mengetengahkan tujuh program utama LAPAN diantaranya adalah membangun sistem Bank Data Penginderaan Jauh Nasional (BDPJN). Disamping itu dijelaskan juga tentang produk data citra satelit penginderaan jauh yang dihasilkan oleh Pustekdata saat ini yaitu data citra satelit resolusi rendah seperti Terra, Aqua, S-NPP, NOAA-18, NOAA-19, Metop, Himawari-8, data citra satelit resolusi menengah seperti Landsat-7, Landsat-8, data citra satelit resolusi tinggi yaitu SPOT-6, SPOT-7, dan data citra satelit resolusi sangat tinggi yaitu data Satelit Pleiades. Dijelaskan juga produk data citra Satelit RADAR yaitu Satelit TerraSAR-X dan Satelit TanDEM-X yang bebas awan.  

Narasumber kedua, Sartono Marpaung, S.Si. peneliti Pusat Pemanfaatan Penginderaan Jauh (Pusfatja) memaparkan tentang Informasi Spasial Zona Potensi Penangkapan Ikan (ZPPI) Berbasis Data Suhu Permukaan Laut dari sensor Satelit Penginderaan Jauh yang sangat bermanfaat bagi para nelayan, informasi ini sudah dibuatkan aplikasinya dan bisa diinstall ke dalam Handphone yang berbasis Android. Setelah selesai presentasi dan diskusi, acara dilanjutkan mengunjungi beberapa fasilitas yang ada di Pustekdata yaitu Fasilitas Stasiun Bumi, Fasilitas Data Center, dan Fasilitas Pelayanan Data dan Show Room.