Pustekdata Selenggarakan Workshop Pemanfaatan Data Satelit Penginderaan Jauh SPOT-6, SPOT-7 dan Pleiades di Hotel Borobudur – Jakarta.
By ngadino, 20 Nov 2019
Hari ini, Rabu 20 November 2019, Pusat Teknologi dan Data Penginderaan Jauh LAPAN menyelenggarakan acara Workshop "Pemanfaatan Data Satelit Penginderaan Jauh SPOT-6, SPOT-7 dan Pleiades untuk Mendukung Perencanaan Wilayah, Pemantauan Sumber Daya Alam serta Pertahanan dan Keamanan. Acara tersebut dibuka oleh Kepala LAPAN, Prof. Dr. Thomas Djamaluddin di Hotel Borobudur - Jakarta. Hadir pada kesempatan tersebut Deputi Bidang Penginderaan Jauh LAPAN, Dr. Orbita Roswintiarti beserta beberapa pejabat struktural dari internal LAPAN. 

Kegiatan ini mengundang beberapa stake holder terkait diantaranya dari Pemerintah Daerah Kabupaten Kayong Utara, dimana Bupati Kayong Utara juga menyempatkan hadir, bahkan mengisi Diskusi Panel sesi-1 dengan mengusung tema "Pemanfaatan Data Satelit Inderaja untuk Pemetaan Batas Wilayah di Kabupaten Kayong Utara". Stake holder lain yang hadir pada kesempatan tersebut sekaligus menjadi narasumber adalah dari Kementerian ATR/BPN yang diwakili oleh Direktur Pengukuran dan Pemetaan Dasar, Direktur Topografi Angkatan Darat (Dittopad) yang diwakili oleh Kepala Bagian Kartografi, Dinas Bina Marga Provinsi Sulawesi Tengah dan Direktur Inventarisasi dan Pemantauan Sumber Daya Hutan (IPSDH) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Acara Workshop ditutup secara resmi oleh Kapustekdata dengan membacakan dua kesimpulan dari hasil pelaksanaan workshop hari ini, yaitu pertama, saat ini pemanfaatan data inderaja dalam berbagai bidang pembangunan sudah sangat meluas, kedua, data inderaja yang diperoleh LAPAN telah didistribusikan kepada seluruh pengguna untuk dimanfaatkan di banyak sektor diantaranya mendukung keperluan tata ruang, batas wilayah, hankam, kehutanan, pertanian, kelautan dan banyak lagi sektor pembangunan yang memanfaatkan data inderaja dari LAPAN, ketiga, terlaksananya program-program nasional yang menggunakan data inderaja. Dengan kesimpulan tersebut, maka direkomendasikan dua hal yaitu pertama, mendukung usaha LAPAN untuk menyediakan data inderaja secara berkelanjutan, kedua, mendorong Bappenas dan pihak terkait untuk mendukung LAPAN dalam pengadaan, perekaman/penerimaan, pengelolaan dan pendistribusian data inderaja. Selesai acara seluruh peserta kembali dengan tertib dan lancar.