PUSTEKDATA LAPAN MENERIMA KUNJUNGAN UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA BANDUNG
By bambang, 20 Nov 2019
DE-INDERAJA | Jakarta, Rabu, 20 November 2019,  Universitas Pendidikan Indonesia Bandung  Program Studi Survei Pemetaan dan Informasi Geografi  berkunjung di Pusat Teknologi dan Data Penginderaan Jauh (Pustekdata) LAPAN Pekayon. Tamu kunjungan dipimpin Dr. Iwan Setiawan, S.Pd., M.Si. di dampingi Shafira Jimayah, S.Pd., M.Sc., Arif Ismail, S.Pd., M.Si dengan rombongan sebanyak 109 mahasiswa yang terdiri dari 75 mahasiswa semester III dan 34 mahasiswa semeter V dan 3 dosen/pendamping. Kedatangan tamu tersebut disambut  Kasubbag. SDM Pustekdata Mohammad Soleh, S.Si., M.Eng. yang mewakili pimpinan Pustekdata di Gedung Indriya Buwana, LAPAN Pekayon
.
Dalam sambutannya, Kasubbag. SDM Pustekdata Mohammad Soleh, S.Si., M.Eng. memaparkan secara global tentang LAPAN, Penginderaan Jauh, Stasiun Bumi, Pengolahan Citra, Peta, Para Pengguna Data Inderaja, Beliau berharap kunjungan ini membawa manfaat buat para mahasiswa dan berharap pula ke depan ada diantara para siswa yang bersedia atau bercita-cita untuk menjadi generasi penerus LAPAN.

Sedangkan dari pihak pengunjung yang diwakili Dr. Iwan Setiawan, S.Pd., M.Si. menyampaikan harapannya agar diantara para mahasiswa  dengan harapan mengetahui bagaimana proses, perolehan, pengolahan data citra penginderaan jauh yang ada di LAPAN. Serta Mahasiswa UPI Bandung  untuk bagaimana cara untuk mendapatkan Tugas Akhir maupun PKL di LAPAN. Untuk itu diharapkan para mahasiswa agar bersungguh-sungguh memperhatikan semua yang akan dijelaskan oleh narasumber sehingga bisa dijadikan bekal pengetahuan.

Acara dilanjutkan dengan presentasi dari narasumber (peneliti dari Pustekdata) Dr. Rahmat Arief, S.Si.,M.Eng. yang memaparkan tentang Sistem Akuisisi, Pengolahan dan Manajemen Data Penginderaan Jauh di LAPAN yang meliputi tugas pokok dan fungsi Pustekdata, pengenalan inderaja, teknologi satelit, sistem perekaman data, pengolahan data sampai kepada spesifikasi dan distribusi data untuk para user atau para pemangku kepentingan. Para Mahaiswa terlihat sangat antusias mendengarkan paparan dari narasumber. Antusiasme para Mahasiswa tampak saat acara dilanjutkan dengan sesi diskusi dan tanya jawab. Setelah selesai presentasi dan diskusi, acara selanjutnya mengunjungi fasilitas Staiun Bumi, Data Center, Pelayanan Data dan Show Room. Semua acara berjalan dengan tertib dan lancar, sehingga para dosen dan mahasiswa merasa mendapat manfaat dengan kunjungannya di Pustekdata. Selesai acara para mahasiswa kembali ke Kampus yang didampingi oleh para dosen pendamping.