SMK Merdeka Bandung Berkunjung ke Pustekdata LAPAN
By ngadino, 06 Nov 2019
DE-INDERAJA | Jakarta, Rabu, 6 November 2019, SMK Merdeka Yayasan Pendidikan Wahidin Bandung berkunjung di Pusat Teknologi dan Data Penginderaan Jauh (Pustekdata) LAPAN Pekayon. Tamu kunjungan dipimpin oleh Wakil Kepala SMK Merdeka Bandung, Atjeng Abdullah, S.Pd. dengan rombongan sebanyak 54 orang yang terdiri dari 50 siswa dan 4 guru/pendamping. Kedatangan tamu disambut Drs. Ngadino yang mewakili pimpinan di Gedung Indriya Bhuwana Pustekdata LAPAN Pekayon. 

Dalam sambutannya, Drs. Ngadino mengharapkan agar para siswa benar-benar memperhatikan materi yang akan disampaikan oleh Narasumber, sehingga kunjungan kali ini benar-benar membawa manfaat karena memperoleh informasi yang uptodate, actual dan faktual dari Pustekdata dan berbagai informasi tersebut bisa dijadikan acuan atau inspirasi untuk menentukan langkah selanjutnya setelah lulus dari sekolah. Beliau berharap kunjungan ini membuat para siswa tertarik dengan apa yang dikerjakan oleh LAPAN, dan ke depan ada diantara para siswa yang bersedia atau bercita-cita untuk menjadi generasi penerus LAPAN. 

Sedangkan dari pihak pengunjung yang diwakili oleh Wakil Kepala SMK Merdeka Bandung, Atjeng Abdullah, S.Pd., menyampaikan harapannya agar para siswa bisa memperoleh informasi yang sebanyak-banyaknya dari Pustekdata LAPAN, untuk itu diharapkan para siswa bersungguh-sungguh memperhatikan semua yang akan dijelaskan oleh narasumber sehingga bisa dijadikan bekal pengetahuan untuk menuju jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Para siswa diharapkan bisa memetik informasi yang ada di LAPAN serta keterkaitannya dengan bidang studi yang sedang dipelajari saat ini yaitu mengenai Teknik Komputer dan Jaringan. Acara dilanjutkan dengan presentasi dari narasumber (peneliti dari Pustekdata) Mahendra Eko Budiono, S.Si., M.Sc. yang memaparkan tentang Sistem Akuisisi, Pengolahan dan Manajemen Data Penginderaan Jauh di LAPAN yang meliputi struktur organisasi, tugas pokok dan fungsi Pustekdata, pengenalan penginderaan jauh, teknologi satelit, sistem perekaman data, pengolahan data sampai kepada spesifikasi dan distribusi data untuk para user atau para pemangku kepentingan. Para siswa terlihat sangat antusias mendengarkan paparan dari narasumber. Antusiasme para siswa tampak saat acara dilanjutkan dengan sesi diskusi dan tanya jawab yang dimoderatori oleh Bambang Haryanto, S.E. 

Setelah selesai presentasi dan diskusi, acara dilanjutkan dengan mengunjungi fasilitas Pelayanan Data dan Show Room yang dipandu oleh Yusron, S.Kom. Semua acara berjalan dengan tertib dan lancar, sehingga para guru dan siswa merasa mendapat manfaat yang besar dengan kunjungannya di Pustekdata. Selesai acara para siswa kembali ke sekolahnya dengan didampingi oleh para pembimbing.