LAPAN – PASCO Selenggarakan Workshop Sehari di Depok, Jawa Barat
By ngadino, 31 Oct 2019
Rabu, 30 Oktober 2019, LAPAN bekerja sama dengan salah satu perusahaan swasta Jepang yang bergerak dalam bidang informasi geospasial, PASCO berhasil menyelenggarakan workshop dengan thema Utilization of Japanese Earth Observation Satellite Imageries di The Margo Hotel, Depok, Jawa Barat. Tujuan diselenggarakannya acara workshop adalah untuk mengenal lebih jauh tentang trend citra satelit saat ini dan masa depan yang cocok untuk kebutuhan user. Disamping itu workshop juga bertujuan untuk bisa mendengarkan dari para stake holder yang telah berpengalaman dalam pengoperasian, pengolahan maupun pemanfaatan citra satelit inderaja. 

Workshop dibuka secara resmi oleh Deputi Bidang Penginderaan Jauh (Deinderaja) LAPAN, Dr. Orbita Roswintiarty dan dihadiri sebanyak 115 peserta undangan baik dari internal LAPAN maupun dari berbagai institusi terkait yaitu Kementerian/Lembaga, Pemerintah Daerah, TNI/POLRI, Perguruan Tinggi dan Instansi Swasta termasuk beberapa operator data satelit dari Jepang seperti PASCO, JICA (Japan International Cooperation Agency), JSI (Japan Space Image), JAXA (Japan Aerospace Exploration Agency) dan RESTEC (Remote Sensing Tehnology Center of Japan). 

Dalam sambutannya Deinderaja mengatakan bahwa LAPAN akan menyediakan data-data citra satelit inderaja sesuai dengan prioritas nasional dan kebutuhan user. LAPAN akan memperkenalkan produk-produk yang berhubungan dengan citra satelit inderaja kepada para stake holder, mengadakan forum group diskusi dengan lebih detail sampai implementasi pemanfaatan citra satelit dalam berbagai sektor. Disamping bisa memenuhi kebutuhan nasional, maka LAPAN kedepan berusaha untuk memperluas jaringan dan bisa memenuhi kebutuhan citra inderaja skala regional wilayah Asia Tenggara. Sementara itu Wakil Direktur PASCO, Takaya Ishizuka juga memberikan sambutan dan menyampaikan keinginannya untuk berbagi pengalaman mengenai pemanfaatan citra satelit yang dimilki yaitu citra Satelit ALOS-2 dan ALOS-3 serta mengaplikasikannya dalam beberapa studi kasus di Indonesia.

Acara dilanjutkan hingga sore hari dengan mengetengahkan beberapa presenter baik dari internal LAPAN maupun dari Jepang dan beberapa institusi terkait dari dalam negeri yaitu dari Balai Besar Sumber Daya Lahan Pertanian (BBSDLP) – Kementerian Pertanian, Direktorat Inventarisasi Pengelolaan Sumber Daya Hutan (IPSDH) – Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Seluruh rangkaian acara berjalan dengan tertib, lancar dan penuh antusias dari para peserta workshop dan ditutup secara resmi oleh Kepala Pusat Teknologi dan Data Penginderaan Jauh LAPAN, Ir. Dedi Irawadi.