Kesatuan Komando Pembinaan Doktrin, Pendidikan dan Latihan TNI-AU Mengunjungi Pustekdata LAPAN
By ngadino, 21 Oct 2019
DE – INDERAJA | Jakarta, Senin 21 Oktober 2019, Pusat Teknologi dan Data Penginderaan Jauh (Pustekdata) – LAPAN menerima kunjungan siswa-siswi Komando Pembinaan Doktrin, Pendidikan dan Latihan TNI-AU (Kodiklatau) Wing Pendidikan Umum sebanyak 10 siswa yang dipimpin oleh Kepala Kelompok Tenaga Pendidik (Kapokgadik) Mayor Sus Indah Retnowati, S.H., didampingi Lettu Sus Iwan Setiawan (Kaurdal), Letda Sus Erwin (Pelatih) Letda Sus Imammudin (Pelatih). Tamu kunjungan diterima Kepala Bidang Diseminasi Pustekdata, Ir. Rubini Jusuf, M.Si., bersama narasumber Ogi Gumelar, S.Si.,M.Eng.(peneliti) di Ruang Neptunus, Pustekdata. 

Kabid. Diseminasi dalam sambutannya menyampaikan tentang mandat yang diterima LAPAN untuk kepentingan nasional sebagaimana termaktub di dalam Undang Undang Nomor 21 Tahun 2013 tentang Keantariksaan dan beberapa landasan hukum di bawahnya, dimana LAPAN mempunyai kewajiban untuk menyediakan data citra satelit penginderaan jauh untuk instansi pemerintah termasuk TNI-AU. 

Sementara Kapokgadik Mayor Sus Indah Retnowati, S.H. menyampaikan ucapan terima kasih atas diterimanya kunjungan beliau bersama rombongan dan berharap kunjungan tersebut dapat menambah wawasan, pengetahuan serta edukasi langsung kepada siswa-siswi Kodiklatau tentang penginderaan jauh. Beliau menyampaikan maksud dan tujuan kunjungannya ke LAPAN, pertama untuk pelaksaan program diklat, kedua ingin mengetahui langsung tugas dan fungsi LAPAN, ketiga meningkatkan pengetahuan untuk peserta diklat tentang penginderaan jauh. Diklat atau Kursus Bintara Manajemen Kejuruan (Susbamenjur) ini adalah salah satu persyaratan jenjang pendidikan yang harus dilalui untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan berikutnya yaitu Sekolah Pembentukan Perwira (Setukpa). 

Narasumber Ogi Gumelar, S.Si.,M.Eng. dalam pemaparannya menyampaikan materi dengan tema Pengenalan Sistem Penerimaan, Pengolahan dan Pengelolaan Data Satelit Penginderaan Jauh di LAPAN, bahwa LAPAN mempunyai tujuh program utama diantaranya adalah membangun sistem Bank Data Penginderaan Jauh Nasional (BDPJN) yang dikelola oleh Pustekdata. Dengan demikian Pustekdata mempunyai kewajiban menyediakan data penginderaan jauh berlisensi pemerintah Indonesia bagi seluruh Kementerian/Lembaga, TNI, POLRI dan Pemerintah Daerah. Adapun produk data citra satelit penginderaan jauh yang dihasilkan oleh Pustekdata saat ini adalah berupa data citra satelit resolusi rendah seperti Terra, Aqua, S-NPP, NOAA-18, NOAA-19, Metop, Himawari-8, data citra satelit resolusi menengah seperti Landsat-7, Landsat-8, data citra satelit resolusi tinggi yaitu SPOT-6, SPOT-7, dan data citra satelit resolusi sangat tinggi yaitu data Satelit Pleiades. Disamping data-data satelit optis tersebut, saat ini Pustekdata juga menghasilkan produk data citra Satelit RADAR yaitu Satelit TerraSAR-X dan Satelit TanDEM-X yang bebas awan.