Kunjungan TNI Angkatan Laut Siswa Dikspespa Hidros Ke LAPAN Pekayon
By bambang, 16 Dec 2014
Jakarta, Selasa tanggal 16 Desember 2014,  Kedepuian Bidang Penginderaan Jauh menerima Tamu Kunjungan siswa Dikspespa Hidros  program kegiatan spesialisasi perwira hidro-oseanografi Angkatan Laut sebanyak 23 perwira diantaran siswa dari Korea, Malaysia, dan Philipina (Choi Wonseok LCDR04-10138), Anurak Srirangat Lieutenant Commander), Mohd. Zaim Baharum Lieutenant RMN N/404763), ketua rombongan Letkol Laut (KH) Ir. Nur Riyadi, M.Si . Tamu Kunjungan diterima oleh pejabat Kepala Sub. Bagian Tata Usaha D. Heri Yuli Sulyantara,S.Si, M.Sc  didampingi para peneliti di lingkungan Kedeputian Bidang Penginderaan Jauh Sukentyas Estuti Siwi, S.Si, M.Si serta Gathot Winarso, S.Si, M.Sc.  Tamu Kunjungan diterima di ruang gedung III Pustekdata jalan Lapan no 70, Pekayon, Pasar Rebo, Jakarta Timur. Adapun susunan acara kunjungan pembukaan/sambutan, foto bersama, presentasi, tanya jawab penutup , mengunjungi fasiltas fasilitas di ke Inderaja (Show Room, Data Center, pelepasan/selesai.

Sambutan dari ketua rombongan Siswa Dikspespa Hidros Letkol Laut (KH) Ir. Nur Riyadi, M.Si  menyampaikan terima kasih atas diterima siswa siswa kami dalam rangka program kegiatan spesialisasi perwira hidro-oseanografi dan juga sesuai visi dan misi Dishidros Angkatan Laut mampu memberikan informasi dan pelayanan survei dan pemetaan yang akurat bagi kepentingan pertahanan, militer dan publik yang diperlukan untuk mengamankan dan menyukseskan pembangunan nasional, serta mendukung data dan informasi, meningkatkan kualitas produk dishidros, kontribusi  terpiharanranya lingkungan laut serta terpiliharanya data dan informasi hidro-oseanografi oleh karena itu dasar kekuatan kami berkunjung di Lembanga Penerbangan dan Antariksa Nasional untuk melihat dan menimba ilmu pengetahuan teknologi dan aplikasi yang dimiliki LAPAN data citra satelit penginderaan jauh.

Sambutan Kepala Sub Bagian Tata Usaha  mengucapkan terima kasih atas  kunjungan ke LAPAN Pekayon di Kedeputian Bidang Penginderaan Jauh, memberikan penjelasan singkat tentang sejarah LAPAN di Inderaja Pusat teknologi dan Data Penginderaan Jauh -LAPAN mempunyai 3 stasiun bumi penginderaan jauh menerima dan merakam data citra penginderaan jauh diantarnya Staisun Bumi Penginderaan Jauh Parepare, Sulawesi Selatan menerima dan merekam data SPOT-5, SPOT-6, dan NPP sedangkan Stasiun Bumi LAPAN Rumpin, Bogor menerima dan merekam Citra Satelit Landsat-8, dan Stasiun Bumi Jakarta menerima dan merekan data MSat. Jenis Data citra resolusi rendah Terra/Aqua, NPP, NOAA-18/19, Metop, MTSAR-1R, data citra resolusi menengah Landsat-7, dan Landsat-8, untuk Data Citra resolusi Tinggi SPOT-5, SPOT-6 dan SPOT 7. Beserta infrastruktur dan data citra penginderaan jauh, Struktur LAPAN tugas dan fungsi sesuai dengan INPPRES nomor 6 tahun tentang  penginderaan jauh dan diperkuat Undang Undang R.I Nomor 21 Tahun 2013 tentang Keantariksaan, dimana pada pasal 20 ayat 1 UU No. 21 Tahun 2013 disebutkan bahwa Lembaga wajib menyelenggarakan penyimpanan dan pendistribusian data melalui Bank Data Penginderaan Jauh Nasional sebagai simpul jaringan data penginderaan jauh dalam jaringan data spasial nasional. Data penginderaan jauh yang didistribusikan meliputi data satelit penginderaan jauh resolusi rendah, menengah dan tinggi, kepada para Kementerian/Lembaga (K/L), TNI/POLRI dan Pemerintah Daerah. Jumlah K/L dan Pemda, sesuai dengan INPPRES Nomor 6 Tahun 2012. Dan Aturan  jika Mahasiswa/Perguruan Tinggi untuk Tugas Akhir bisa mendapatkan dengan cara aturan aturan yang berlaku. (Humas Pustekdata_Bambang Haryanto, Endang purwanti)