Mahasiswa UHAMKA Mengunjungi Fasilitas Pelayanan Pustekdata LAPAN
By ngadino, 14 Aug 2019
DE- INDERAJA | Jakarta, Selasa 14 Agustus 2019, Pusat Teknologi dan Data Penginderaan Jauh (Pustekdata) LAPAN menerima 37 mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Semester V Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka (UHAMKA). Kunjungan diterima dan dipandu oleh Drs. Abdul Asyiri,M.Si. di Ruang Pelayanan dan Showroom. Para mahasiswa memperoleh penjelasan secara gamblang mengenai profil Pustekdata serta kegiatan pelayanan yang dilakukan. Berdasarkan Undang-Undang Nomor 21 Tahun 2013, maka LAPAN dalam hal ini Pustekdata mempunyai tanggung jawab untuk bisa melakukan pengadaan data baik melalui perekaman dengan mengelola stasiun bumi sendiri maupun pembelian data yang terintegrasi secara nasional demi penghematan anggaran negara. Disamping perolehan data, Pustekdata juga diberi tugas oleh negara untuk mengolah, mengelola dan mendistribusikan data kepada para pengguna ke seluruh Indonesia. 

Pemandu kunjungan menjelaskan bahwa aktivitas penginderaan jauh di Pustekdata LAPAN telah memiliki dasar hukum yang sangat kuat yaitu PP Nomor 11 Tahun 2018 tentang Tata Cara Penyelenggaraan Kegiatan Penginderaan Jauh dan Inpres Nomor 6 Tahun 2012 tentang Penyediaan, Penggunaan, Pengendalian Kualitas, Pengolahan dan Distribusi Data Satelit Penginderaan Jauh Resolusi Tinggi. Berdasarkan aturan-aturan tersebut di atas, maka Pustekdata sejak tahun 2015 hingga saat ini telah mendistribusikan data kepada 1.303 pengguna dari seluruh Indonesia (http://wiki-pustekdata.lapan.go.id/) 

Data-data yang terdistribusi tersebut terdiri atas data resolusi rendah, data resolusi menengah, data resolusi tinggi dan data resolusi sangat tinggi yang dimanfaatkan untuk mendukung berbagai perencanaan pembangunan, monitoring kebencanaan dan membantu dalam bidang pertahanan dan keamanan. Adapun para pengguna data tersebut adalah dari kalangan instansi pemerintah (Kementerian/Lembaga, Pemerintah Daerah, TNI/POLRI) maupun dari kalangan akademik seperti perguruan tinggi, dimana para mahasiswa yang akan menyelesaikan tugas akhirnya bisa memohon bantuan data dari Pustekdata LAPAN dengan beberapa persyaratan.  

Setelah memperoleh penjelasan dari pemandu, para mahasiswa bisa menyaksikan berbagai poster data penginderaan jauh, berbagai majalah maupun makalah-makalah ilmiah penginderaan jauh, video mengenai aktivitas penginderaan jauh, dan mengenal perangkat sistem katalog data yang telah disiapkan untuk para pengunjung. Tampak para mahasiswa sangat antusias memperoleh pelayanan yang sangat memuaskan dari pemandu serta kembali dari kunjungan dengan sangat tertib dan lancar.