Kunjungan Kerja Deputi Bidang Koordinasi Kedaulatan Maritim, Kemenko Kemaritiman di Kedeputian Inderaja LAPAN
By ngadino, 10 May 2019
DE- INDERAJA | Jakarta, Jum’at 10 Mei 2019, Deputi Bidang Pengeinderan Jauh (Inderaja) LAPAN, Dr. Orbita Roswintiarty menerima kunjungan kerja dari Deputi Bidang Koordinasi Kedaulatan Maritim, Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman, Dr. Purbaya Yudhi Sadewa, Ph.D di Kantor Kedeputian Inderaja LAPAN Pekayon, Jakarta Timur. Kunjungan tersebut dalam rangka koordinasi, konsultasi penyediaan dan  pemanfaatan data citra satelit. Turut mendampingi kunjungan  kerja tersebut adalah Sekretaris Deputi, Asisten Deputi 1 Bidang Keamanan dan Ketahanan Maritim, tiga orang Kepala Bidang dan beberapa orang staf dari Kemenko Bidang Kemaritiman.
Sedangkan Deputi Inderaja didamping Kepala Pusat Teknologi dan Data Penginderaan Jauh (Pustekdata) Ir. Dedi Irawadi, Kepala Pusat Pemanfaatan Penginderaan Jauh (Pusfatja) Dr. M. Rokhis Komarudin, M.Sc berserta  Kabid. Diseminasi Pustekdata Ir. Rubini Jusuf, M.Si., Kabid Program dan Fasilitas Ayom Widipaminto, S.T., M.T., Kabid. Diseminasi Pusfatja Muhammad Priyatna, S.Si., M.T., Kabid. Program dan Fasilitas Pusfatja Sarip Budiman, S.Si.,M.Sc.
Dalam paparannya Deputi Inderaja menyampaikan bahwa LAPAN dalam hal ini Kedeputian Inderaja bertugas memberikan pelayanan data dan informasi inderaja, mengelola stasiun bumi dan melakukan akuisisi data inderaja dari resolusi rendah, menengah, tinggi  dan sangat tinggi. Saat ini LAPAN telah mampu memberikan pelayanan kepada user dengan fasilitas pelayanan berbasis aplikasi online diantaranya Spacemap maupun Sipandora yang telah dilaunching pada tanggal 30 Januari 2019 di Jakarta. Selain itu LAPAN juga melakukan kerjasama  dalam negeri antara lain dengan Pemerintah Daerah, Kementerian dan Lembaga, TNI/POLRI serta Perguruan Tinggi maupun Kerja Sama Luar Negeri.
Sementara itu Deputi Bidang Koordinasi Kedaulatan Maritim, dalam sambutannya mengatakan bahwa kunjungan kerja kali ini dalam rangka belajar atau mengenal lebih jauh mengenai data satelit penginderaan jauh dan pemanfaatannya. Diharapkan kedepan LAPAN bisa membantu Kemenko Bidang Kemaritiman dalam hal menjaga kedaulatan maritim baik melalui data-data satelit penginderaan jauh maupun program satelit yang telah dan sedang dikembangkan oleh LAPAN yaitu Satelit LAPAN-A1, Satelit LAPAN-A2 dan Satelit LAPAN-A3.
Setelah selesai pemaparan, acara dilanjutkan dengan mengunjungi fasilitas Pustekdata yang ada di Ruang Pelayanan dan Ruang Data Center. Seluruh rangkaian acara berjalan tertib dan lancar sampai para tamu kunjungan meninggalkan LAPAN.