Kunjungan Siswa-Siswi SMA Pahoa Tangerang di Pustekdata LAPAN Pekayon
By ngadino, 04 Apr 2019
DE-INDERAJA | Jakarta, Kamis, 04 April 2019, Siswa-siswi SMA Pahoa Tangerang, berkunjung di Pusat Teknologi dan Data Penginderaan Jauh (Pustekdata) LAPAN Pekayon, Jakarta Timur. Tamu kunjungan dipimpin oleh Ibu Hotma, S.Si. yang mewakili Kepala Sekolah dengan rombongan sebanyak 125 orang yang terdiri dari 119 siswa dan 6 orang guru/pendamping. Kedatangan tamu tersebut disambut oleh Kasubbag Administrasi dan Sumber Daya Manusia Pustekdata, Muchammad Soleh, S.T., M.Eng. yang mewakili pimpinan Pustekdata di Gedung Indriya Bhuwana, LAPAN Pekayon. 

Dalam sambutannya, beliau menyampaikan harapan agar kunjungan ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya sehingga menambah wawasan untuk para siswa-siswi SMA Pahoa Tangerang tentang pengetahuan penginderaan jauh (inderaja). Pada kesempatan tersebut Muchamad Soleh juga memaparkan tentang Profil LAPAN secara global dan secara khusus beliau memberikan gambaran rinci tentang kompetensi Pustekdata saat ini, fasilitas perekaman, pengolahan maupun pengelolaan data sampai kepada pentingnya data inderaja untuk mendukung program pembangunan nasional.  

Sambutan dari pihak pengunjung diwakili oleh Ibu Hotma, S.Si. yang memberikan apresiasi kepada Tim Pustekdata yang telah menyambut rombongan dengan sangat baik. Pada kesempatan tersebut beliau mengharapkan kunjungan SMA Pahoa Tangerang ke Pustekdata kali ini bisa meningkatkan minat siswa-siswi SMA Pahoa terhadap kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi khususnya teknologi penginderaan jauh maupun teknologi antariksa.  

Acara dilanjutkan foto bersama dengan Tim dari Pustekdata LAPAN dan dari rombongan SMA Pahoa Tangerang, setelah itu dilakukan presentasi dari narasumber Pustekdata LAPAN, Ogi Gumelar, S.Si.,M.Sc. yang memaparkan tentang tujuh program utama LAPAN, tugas pokok dan fungsi Pustekdata, pengenalan penginderaan jauh, teknologi satelit, sistem stasiun bumi dan perekaman data, pengolahan data sampai kepada spesifikasi dan distribusi data untuk para user atau para pemangku kepentingan dan contoh-contoh pemanfaatan data inderaja untuk berbagai tujuan pembangunan.. Selesai pemaparan, acara dilanjutkan dengan sesi diskusi dan tanya jawab yang dimoderatori oleh Drs. Ngadino. Para siswa sangat antusias terlihat dari banyaknya pertanyaan dan diskusi antara Narasumber dan para siswa sehingga para guru dan siswa merasa mendapat manfaat yang besar dari kunjungannya di Pustekdata LAPAN dan kembali ke sekolah dengan tertib.