Kunjungan Kerja Badan Intelijen Strategis TNI ke Pustekdata - LAPAN
By ngadino, 12 Apr 2019

Jakarta, Kamis 11 April 2019,  Pusat Teknologi dan Data Penginderaan Jauh (Pustekdata) – LAPAN menerima kunjungan kerja Badan Intelijen Strategis (BAIS) TNI yang dipimpin oleh Direktur C BAIS TNI,  Laksma TNI Drs. I Putu Arya Angga S., didampingi Kol. Laut  Ayi Syarief Hidayat, Letkol. Laut N. Gunaryono, dan Kapten Laut Eko dalam rangka penjajakan kerja sama antara BAIS TNI dengan LAPAN khususnya Pustekdata. Tamu kunjungan kerja diterima oleh Deputi Bidang Penginderaan Jauh (Deinderaja), Dr. Orbita Roswintiarti, M.Sc. yang didampingi oleh Kapustekdata,  Ir. Dedi Irawadi dan Kabid. Diseminasi Pustekdata Ir. Rubini Jusuf, M.Si.

Direktur C BAIS dalam kesempatan pertemuan denga Deinderaja tersebut menyampaikan tujuan dari kunjungan kerja ini, yaitu pertama dalam rangka penjajakan kerja sama antara BAIS TNI dan LAPAN guna mewujudkan sinergitas untuk sumbangsih terhadap pembangunan nasional, yang akan menghasilkan MoU antara Mabes TNI dan LAPAN. Kedua, BAIS ingin mengidentifikasi produk data inderaja yang dimiliki LAPAN dan manfaatnya untuk sektor pertahanan dan keamanan. Kasus-kasus terkait pertahanan yang masih belum terselesaikan sampai saat ini diantaranya, hilangnya 4 anggota TNI saat pengawalan kapal yang tertangkap di laut utara Halmahera sebelah timur Pulau Miangas, pergerakan kelompok OPM Papua terkait banyaknya lahan yang dibuka untuk air strip, informasi awal daerah untuk operasi satuan, dan data AIS untuk monitoring pergerakan kapal. Harapan ke depan BAIS dengan citra satelit inderaja multi resolusi dari citra satelit resolusi rendah, menengah, resiolusi tinggi, resolusi sangat tinggi, dan SAR yang dimiliki LAPAN dapat memberi dukungan untuk pertahanan dan keamanan nasional.

Pada pertemuan tersebut, Deinderaja menyampaikan terima kasih atas kunjungan dari BAIS TNI, khususnya Direktorat C BAIS TNI ke Pustekdata – LAPAN. Dalam kunjungan kerja ini, beliau memberikan penawaran beberapa hal kepada BAIS TNI, diantaranya LAPAN memiliki berbagai data citra satelit inderaja multi resolusi dan multi temporal seperti Terra/Aqua, NOAA, S-NPP, Himawari-8, Landsat, SPOT, Pleiades, TerraSAR-X, dan TanDEM-X beserta pemanfaatannya, serta kerjasama bimbingan teknis untuk meningkatkan kapasitas sumber daya manusia dalam bidang pengolahan dan pemanfaatan citra satelit inderaja.

Dari hasil pertemuan kunjungan kerja antara BAIS TNI dan LAPAN tersebut disepakati tindak lanjut kejasama dalam bentuk MoU dan Perjanjian Kerja Sama untuk memperkuat dukungan citra satelit inderaja yang bisa dimanfaatkan untuk kepentingan pertahanan dan keamanan nasional.