Siswa Satelit Komunikasi TNI Belajar Penginderaan Jauh Di Lapan
By bambang, 18 Jun 2014
Jakarta, Rabu, tanggal, 18 Juni 2014, Lembanga Penerbangan dan Antariksa Nasional- LAPAN pada Pusat Teknologi dan Data Penginderaan Jauh menerima kunjungan Siswa Radio dan Monobs TNI dari tiga angkatan TNI, AD, TNI, AL, TNI Udara seluruh Indonesia sebanyak 21 orang terdiri 4 instruktur dan 17 siswa. Tamu kunjungan diterima langsung Plt Kepala Pusat Teknologi dan Data Penginderaan Jauh, Drs. Kustiyo, M.Si di ruang Demo Gedung III  Lapan Pekayon jalan Lapan no. 70, Pekayon, Pasar Rebo Jakarta Timur.

Sambutan Plt. Kapustekdata menyampaikan kepada seluruh siswa TNI, Lapan akan membantu terkait kunjungan jika ada yang diperlukan terkait ilmu pengetahuan tentang penginderaan jauh serta dapat memanfaatkan waktu dengan sebaik baiknya. Dan dilanjutkan sambutan dari instruktur Kapten Inf. Kasim, menyampaikan terima kasih atas diterimanya kunjungan ke Lapan dengan harapan akan memanfaatkan waktunya. Siswa siswa TNI dari tiga angkatan ini adalah siswa Satelit kamunikasi.

Beberapa susuanan acara penerima kunjungan TNI ke Lapan sambutan struktural Lapan, sambutan dari tamu kunjungan, presentasi, Tanya jawab, kunjungan ke fasiltas stasiun bumi perekaman data di Jakarta, Showroom/display, data center. Presentasi disampaikan oleh Fadhila Muchsin, ST,M.Si dan Ali Syahputra, ST peneliti Pustekdata dengan tema pengenalan Penginderaan Jauh, didalam memaparan menyampaikan struktur organisasi Lapan, tugas dan fungsinya serta teknologi keantariksaan dan kedirgantaraan maupun penginderaan jauh yang di miliki oleh Lapan. Serta mengenalkan produk data penginderaan jauh dari satelitnya maupun kareteriktiknya resolusi rendah, resolusi menengah dan resolusi tinggi serta manfaatnya dan apa saja jenis satelit dan datanya yaitu satelit Terra, Landsat, NNP,SPOT,4SPOT5, SPOT 6, Aqua, LCDM, NOAA.(Humas_Bambang Haryanto)