Kunjungan Kerja Direktorat Topografi Angkatan Darat ke PUSTEKDATA LAPAN
By bambang, 03 Jan 2019
DE – INDERAJA |  Jakarta, Kamis 3 Januari 2019,  Pusat Teknologi dan Data Penginderaan Jauh – LAPAN menerima kunjungan kerja Direktorat Topografi Angkatan Darat yang terdiri dari  delapan tamu kunjungan diantaranya Direktur Topografi Angkatan Darat Brigjen Ir. Asep Edi Rosidin, MDA, beserta jajaranya Drs. Kol. CTP. Adek Sugiyanto, Ir. Kol. CTP.  Verlos. Z.B.,  Drs. Kol.CTP. Suwanto., Drs. Kol. CTP. Harjito., Mayor CTP. Edi Nursantoso, S.Si., M.Si., Mayor. CTP. Dedy Suwanto, S.Si., M.Si., Mayor CTP. Yudi. P. S.Si dalam rangka meningkatkan  komunikasi dan pertukaran informasi diantara komunitas survei dan pemetaan.
Tamu kunjungan diterima oleh Kepala Pusat Teknologi dan Data Penginderaan Jauh Ir. Dedi Irawadi didampingi para pejabat struktural dan pejabat fungsional, diantaranya Kabid. Desiminasi Pustekdata Ir. Rubini Jusuf, M.Si, Kabid. Program dan Fasilitas Pustekdata Ir. Ayom Widipaminto, MT, adapun pejabat fungsional Drs. Kustiyo, M.Si., Ir. Suhermato, MT dan Gunawan Hidayat. M.Eng.
Sambutan dari Direktur Topografi Angkatan Darat Brigjen Ir. Asep Edi Rosidin, MDA menyampaikan tujuan dari kunjungan kerja ini, yaitu pertama dalam rangka komunikasi  DITTOPAD dengan LAPAN untuk meningkatkan kerjasama komunikasi dalam mendukung informasi geospasial. Kedua, Dittopad bergerak memiliki tugas membuat dan menyediakan peta khususnya topografi yang digunakan oleh TNI, LAPAN sangat mendukung Dittopad dalam pemenuhan kebutuhan citra satelit penginderaan jauh, serta LAPAN memberikan diklat dalam hal pengolahan data citra penginderaan jauh. Harapan kedepan Dittopad dengan citra satelit penginderaan jauh multi resolusi dari citra satelit resolusi rendah, menengah, resiolusi tinggi dan resolusi sangat tinggi yang dimiliki LAPAN khususnya Pusat Teknologi dan Data Penginderaan Jauh dapat memberi dukungan dibidang teknologi maupun aplikasinya untuk Pertahanan dan Keamanan Nasional.
Sambutan Kepala Pusat Teknologi dan Data Penginderaan Jauh Ir. Dedi Irawadi menyampaikan terima kasih atas kadatangannya bapak-bapak dari Dittopad ke Pustekdata – LAPAN. Dalam kunjungan kerja ini, Kapustekdata memberikan penawaran beberapa hal kepada Dittopad, diantaranya LAPAN memiliki berbagai data citra penginderaan jauh multi resolusi dan multi temporal seperti Landsat, SPOT, Pleiades, TerraSAR-X, NOAA, Himawari-8. Data tersebut dapat dimanfaatkan Dittopad untuk berbagai macam kebutuhan, juga Kapustekdata menawarkan teknologi aplikasi SpaCeMAP (Sistem Penyajian Data yang Cepat, Mudah, Aman, dan Populer),  serta kerjasama bimbingan teknis untuk meningkatkan sumber daya manusia dibidang pengolahan data citra penginderaan jauh.
Dari hasil pertemuan kunjungan kerja Dittopad dengan LAPAN tersebut perlu kiranya tindak lanjut kejasama saling tukar informasi tentang teknologi penginderaan jauh. Dengan adanya citra satelit penginderaan jauh untuk mendukung Ketahanan dan Keamanan Nasional.  Acara  diakhiri dengan pertukaran cenderamata antara Direktorat Topografi Angkatan Darat dan Pusat Teknologi dan Data Penginderaan Jauh.