Pusdikhidros TNI-AL Mengunjungi Pustekdata LAPAN
By bambang, 18 Dec 2018
DE-INDERJA| Jakarta, Selasa,18 Desember 2018 Pusat Teknologi dan Data Penginderaan Jauh (Pustekdata) LAPAN menerima kunjungan 26 personel pendukung dan perwirasiswa Pendidikan Spesialis Perwira Hidro Oseanografi (Dikspespa Hidros) TNI-AL T.A. 2018. Rombongan dipimpin oleh Lettkol Laut (KH) Agung Dasa Febri, S.T.,M.T. Tamu kunjungan tersebut diterima Tim Humas Pustekdata yang diwakili oleh Drs. Ngadino di Gedung Indriya Bhuwana, Pustekdata LAPAN. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan terima kasih atas kunjungannya di Pustekdata LAPAN dengan harapan kunjungan ini dapat membawa manfaat kedua institusi dan terjalin kerjasama yang saling menguntungkan. Sementara Komandan Pusat Pendidikan Hidro-Oseanografi (Pusdikhidros) yang diwakili oleh Letkol Laut (KH) Agung DasaFebri, S.T.,M.T. dalam sambutannya mengatakan bahwa kunjungan kali ini merupakan kunjungan Latihan Praktek (Lattek) ke instansi terkait yang merupakan bagian dari program diklat di Pusdikhidros dengan tujuan menambah ilmu dan wawasan kepada para siswa Dikspespa Hidros terkait teknologi dan pemanfaatan data penginderaan jauh berbasis satelit.
Acara dilanjutkan dengan serah terima cinderamata dari kedua belah pihak dan dilanjutkan pemaparan narasumber dari Pustekdata, Inggit Lolita Sari, S.T.,M.GIS yang memaparkan tentang tugas pokok dan fungsi Satuan Kerja Pustekdata LAPAN mulai dari perekaman, pengolahan sampai kepada spesifikasi dan distribusi data penginderaan jauh. Sedangkan narasumber dari Pusat Pemanfaatan PenginderaanJauh (Pusfatja) LAPAN, Gatot Winarso, S.Si.,M.Sc. banyak memaparkan tentang pemanfaatan penginderaan jauh dalam bidang kelautan diantaranya pembuatan peta batimetri berbasis data satelit. Para perwira siswa terlihat sangat antusias mendengarkan paparan dari kedua narasumber. Antusiasme para perwira siswa tampak saat acara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab, namun berhubung keterbatasan waktu maka tidak semua keinginan para perwira siswa untuk mengajukan pertanyaan terlayani.
Setelah pemaparan narasumber, para siswa diajak meninjau ke Stasiun Bumi, Ruang Pelayanan, dan  Show Room untuk mendapatkan penjelasan lebih lanjut tentang Distribusi dan Pelayanan Data Penginderaan Jauh yang dilakukan oleh Pustekdata LAPAN.  Acara ini dipandu oleh Tim Humas Pustekdata dan dibantu dari Tim Pelayanan Data Penginderaan Jauh.  Selesai acara para perwira siswa diajak foto bersama dan kembali ke Pusdikhidros  bersama seluruh rombongan.