Kunjungan ITB Ke Kedeputian Bidang Penginderaan Jauh Lapan
By bambang, 19 Nov 2014
Jakarta, Rabu tanggal 19 Nopember 2014, Pusat Teknologi dan Data Penginderaan Jauh (Pustekdata-LAPAN)  menerima Tamu Kunjungan Teknik Geodesi & Geomatika Fakultas  Ilmu dan Teknologi Kebumian, Intitut Teknologi Bandung (ITB) sebanyak 116 mahasiswa dengan 2 dosen pedamping Dr. Ir. Bambang Edhi Leksono, M.Sc serta Dr. Syamsul Bahri. Tamu Kunjungan ilmiah diterima oleh pejabat Kepala Bidang Pengembangan Bank Data Ir. Rubini Jusuf, M.Si didampingi para peneliti di lingkungan Kedeputian Bidang Penginderaan Jauh Andie Setiyoko, ST, M.Tech, Udhi Catur Nugroho, S.Si, Yudhi Prabowo, ST.  Tamu Kunjungan Ilmiah diterima di Ruang gedung training Pustekdata jalan Lapan no 70, Pekayon, Pasar Rebo, Jakarta Timur. Adapaun susunan acara kunjungan ilmiah pembukaan/sambutan, presentasi, tanya jawab penutup , ishoma, foto, mengunjungi fasiltas fasilitas di ke Inderaja ( Stasiun Bumi Jakarta, Show Room, Data Center, pelepasan/selesai.

Sambutan Kepala Bidang Pengembangan Bank Data  mengucapkan terima kasih atas  kunjungan ke LAPAN Pekayon di Kedeputian Bidang Penginderaan Jauh, memberikan pemaparan tentang sejarah LAPAN di Inderaja beserta infrastruktur dan data citra penginderaan jauh, Struktur LAPAN tugas dan fungsi sesuai dengan INPPRES nomor 6 tahun tentang  penginderaan jauh dan diperkuat Undang Undang R.I Nomor 21 Tahun 2013 tentang Keantariksaan, dimana pada pasal 20 ayat 1 UU No. 21 Tahun 2013 disebutkan bahwa Lembaga wajib menyelenggarakan penyimpanan dan pendistribusian data melalui Bank Data Penginderaan Jauh Nasional sebagai simpul jaringan data penginderaan jauh dalam jaringan data spasial nasional. Data penginderaan jauh yang didistribusikan meliputi data satelit penginderaan jauh resolusi rendah, menengah dan tinggi, kepada para Kementerian/Lembaga (K/L), TNI/POLRI dan Pemerintah Daerah. Jumlah K/L dan Pemda, sesuai dengan INPPRES Nomor 6 Tahun 2012. Dan Aturan  jika Mahasiswa/Perguruan Tinggi untuk Tugas Akhir bisa mendapatkan dengan cara aturan aturan yang berlaku.

Pusat teknologi dan Data Penginderaan Jauh -LAPAN mempunyai 3 stasiun bumi penginderaan jauh menerima dan merakam data citra penginderaan jauh diantarnya Staisun Bumi Penginderaan Jauh Parepare, Sulawesi Selatan menerima dan merekam data SPOT-5, SPOT-6, dan NPP sedangkan Stasiun Bumi LAPAN Rumpin, Bogor menerima dan merekam Citra Satelit Landsat-8, dan Stasiun Bumi Jakarta menerima dan merekan data MSat. Jenis Data citra resolusi rendah Terra/Aqua, NPP, NOAA-18/19, Metop, MTSAR-1R, data citra resolusi  menengah Landsat- 7, dan Landsat- 8, untuk Data Citra resolusi  tinggi SPOT-5, SPOT-6 dan SPOT 7.

Aprisiasi dari Dr. Ir. Bambang Edhi Leksono, M.Sc menyampaikan sangat senang sekali dengan adanya peluang bagi mahasiswa/perguruan tinggi untuk mendapat data pendukung tugas akhir di LAPAN. (Humas Pustekdata_Bambang Haryanto, Endang Purwanti)