Penerapan Konsep Pembelajaran di luar Sekolah Siswa/Siswi Madrasah Aliyah Negeri 14 Pondok Ranggon, Jakarta Timur di Di Pustekdata LAPAN
By bambang, 27 Sep 2018
DE – INDERAJA |  Jakarta, Kamis 27 September 2018, Pusat Teknologi dan Data Penginderaan Jauh menerima kunjungan siswa/siswi  Madrasyah Aliyah Negeri 14 kampus B Pondok Ranggon, Jakarta Timur kelas  X  dan XII IPS. Kunjungan dimaksudkan dalam rangka penerapan konsep pembelajaran di luar sekolah.  Siswa/siswi  yang berkunjung sebanyak 65 orang didampingi  3 guru pembimbing Ratna Indriarti, S.Pd, Nur Adi Udin, S.Ag.,   Pipit Indrawati, S.E.  Kunjungan diterima oleh Kasubbag. Administrasi Pustekdata Mohammad Soleh, ST., M.Eng, Randy Prima Brahmantara, ST sebagai narasumber dan tim Humas Pustekdata LAPAN di gedung Indriya Bhuwana Pustekdata LAPAN.
Kasubbag. Administrasi Pustekdata Mohammad Soleh, ST., M.Eng dalam sambutannya menyampaikan  rasa terima kasih atas kunjungan ke LAPAN khususnya ke Pusat Tenologi dan Data Penginderaan Jauh, berharap kunjungan ini dapat memberikan pengetahuan lebih kepada siswa/siswi dan dapat di manfaatkan dengan sebaik baiknya.
Sambutan Ratna Indriarti, S.Pd  yang mewakili guru pendamping dari MAN 14 menyampaikan rasa terima kasih atasditerimanya kunjungan mereka yang merupakan bagian pelajaran di luar sekolah sesuai dengan mata pelajaran ilmu penginderaan jauh dan berharap  kunjungan ke LAPAN  dijadikan kunjungan tahunan bagi Madrasah Aliyah Negeri 14 Pondok Ranggon, Jakarta Timur.
Randy Prima Brahmantara, ST  sebagai narasumber dalam paparannya menyampaikan tentang “Pengenalan Profil LAPAN dan Kedeputian Penginderaan Jauh”. yaitu struktur organisasi LAPAN, dan Tugas dan Fungsi LAPAN pada Deputi Bidang Penginderaan Jauh. Berdasarkan Instruksi Presiden Republik Indonesia No.6 Tahun 2012 Tentang Penyediaan, penggunaan, pengendalian kualitas, pengolahan dan distribusi data satelit penginderaan jauh resolusi tinggi dan UU No. 21 Tahun 2013 tentang Keantariksaan, data satelit penginderaan jauh di distribusika kepada Pemerintah Daerah, Kementerian Lembaga, TNI/POLRI, dan Perguruan Tinggi.
LAPAN mempunyai tiga stasiun bumi penginderaan jauh yang berada di Parepare Sulawesi Selatan, di Rumpin Bogor dan Pekayon Jakarta. Data satelit  Penginderaan Jauh yang dimiliki LAPAN adalah mulai dari data resolusi rendah seperti citra Terra, Aqua, S-NPP, Himawari, MTSAT, NOAA, dan METOP. Data resolusi menengah seperti citra Landsat-7/8, dan data resolusi Tinggi seperti citra SPOT-6/7. Data resolusi sangat tinggi seperti citra Pleiades, Geoeye, QuickBird, Worldview  dan data Radar seperti citra TerraSAR-X dan Tanden-X.  Acara di tutup dalam sesi tanya jawab.