LAPAN Jajaki Kerja Sama Dalam EU Copernicus Programme
By bambang, 24 Sep 2018
DE – INDERAJA |  Partisipasi LAPAN dalam ASEAN Multi-Country Workshop on Space Applications yang diselenggarakan di Bangkok pada tanggal 18-19 September 2018 sekaligus digunakan untuk mematangkan kerja sama di bidang pertukaran data antara LAPAN dan European Commission (EC) dalam lingkup Copernicus Programme. Dalam pembahasan kerja sama ini, EC diwakili oleh Philippe Brunet (Director of Space Policy, Copernicus and Defence), Astrid-Christina Koch (Copernicus- International Cooperation), dan Michael Bucki (Climate Change and Environment Counselor EEAS Jakarta); sedangkan LAPAN diwakili oleh Dr. Orbita Roswintiarti (Deputi Bidang Penginderaan Jauh), Erni Sri Sinta Pakpahan, M. H. (Kepala Bagian Kerja Sama), dan Ir. Wismu Sunarmodo (peneliti Pustekdata).

Pembahasan kerja sama ini merupakan tindak lanjut dari kunjungan tim EC sebelumnya serta kunjungan Duta Besar EU untuk Indonesia dan Brunei Darussalam, Mr. Vincent Guerend, yang diterima oleh Kepala LAPAN, para Deputi, dan Karo KSHU di LAPAN Jakarta tanggal 23 Agustus 2018. Melalui kerja sama ini, LAPAN diharapkan akan menjadi hub data-data satelit penginderaan jauh Sentinel pertama diantara negara-negara ASEAN.

Presentasi dengan tema “Earth Observation activities in Indonesia” disampaikan Deputi Bidang Penginderaan Jauh pada ASEAN Multi-Country Workshop on Space Applications dalam rangka menyampaikan kebijakan dan kegiatan observasi bumi terkini di Indonesia. Secara umum, tujuan penyelenggaraan workshop ini adalah untuk memperkenalkan berbagai inisiatif Eropa dalam pemanfaatan teknologi antariksa, termasuk program Copernicus dan Galileo, pada negara-negara ASEAN. Kegiatan ini sekaligus membuka kesempatan untuk bekerjasama dengan para pemangku kepentingan di Eropa (akademia, pemerintah, industri, dll). Dalam workshop ini, sambutan kunci disampaikan oleh Deputy Permanent Secretary, Min. of Science and Technology of Thailand; EU Ambassador to ASEAN/EU Delegation Jakarta; dan ASEAN Deputy Director General.