PUI Teknologi Dan Data Penginderaan Jauh Menerima Kunjungan Kerja Supervisi Tim Pakar dan Sektretariat PUI Ristekdikti
By bambang, 13 Jul 2018
DE - INDERAJA | Pada hari Jum’at, 13 Juli 2018, Pusat Teknologi dan Data Penginderaan Jauh menerima kunjungan kerja Tim Pakad dan sekretriat PUI Ristekdikti dalam rangka supervisi yang terdiri dari Prof. Dr. Dewayany Sutrisno – BIG, Lelya Nirsa, S.Sos, M.Hum dan Sdr Mely Maulidiani. Tamu kunjungan kerja di terima oleh Kepala Pusat Teknologi dan Data Penginderaan Jauh Ir. Dedi Irawadi. Hadir juga ketua tim dan jajarannya PUI Pustekdata antara lain Ir. Muchamad Muchlis, M.Si, Ir. Suhermanto, MT, Mohammad Soleh, ST., M.Eng, serta struktural Pustekdata Kabag. Administrasi D. Heri Yuli Sulyantara, ST., M.Sc, Kasubbag SDM Dinari Nikken Sulastrie Sirin, ST., Kasubbag. Keuanga dan BMN Dewi Iva Musdalifah. S.E.
Kapustekdata Ir. Dedi Irawadi dalam sambutan serta pemaparanya menyampaikan tentang Laporan Pelaksanaan Kegiatan PUI Teknologi dan Data adalah mengembangkan dan membangun Bank Data Penginderaan Jauh Nasional BDPJN yang dimulai dari tahun 2014 sampai dengan 2018 menghasilkan berbagai aplikasi, untuk memberikan pelayanan kepada pengguna lebih mudah mengakses.
Pustekdata mempunyai target litbangyasa, BDPJN yang di dalamnya adalah akuisisi data dan stasiun bumi, pengolahan, pengelolaan dan distribusi data penginderaan jauh mempunyai program aplikasi yang dinamakan SPACeMAP yaitu Sistem Penyediaan datA yang Cepat, Mudah, Aman & Populer untuk memberikan kemudahan bagi pengguna/User.
Pustekdata di tahun Anggaran 2018 telah mengembangkan dan membangun 25 protipe untuk mendukung akuisisi dan Stasiun Bumi, dan 14 prototipe untuk menajemen dan distribusi data.  Serta SPACeMAP mecakup Sistem katalog data terintegrasi untuk pencarian data interaktif, Sistem pengolahan online (cloud free mosaic, analisys perubahan lahan), Sistem permintaan akuisisi data inderaja, notifikasi data baru, Sistem layanan pemetaan (SPBN), Sistem layanan lain (data hub, image service, Sistem aplikasi mobile). Serta di dukung penguatan administrasi, sumber daya manusia, prasarana dan sarana infrastruktur, anggran.