Kunjungan Kerja Komisi VII DPR RI ke Provinsi Sumatera Utara
By bambang, 02 May 2018
DE – INDERAJA | Provinsi Sumatera Utara pada hari Senin, 30 April 2018 menerima kunjungan anggota Komisi VII DPR RI, yang diketuai oleh H. Gus Irawan Pasaribu, SE, Ak., M.M., C.A., dalam rangka kunjungan kerja peninjauan ke Provinsi Sumatera Utara. Turut hadir pula pada acara tersebut anggota DPRD Sumut, Kapolda Sumut, Dirjen Migas, Dirjen Ketenagalistrikan, Dirjen Minerba, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI, Kementerian Ristek dan Dikti RI, P.T. Pertamina, Pertamina MOR I, P.T. PLN (Persero), P.T. Inalum, BPH Migas, SKK Migas, P.T. PGN (Persero), Lembaga dan Badan Riset dan Teknologi RI (BATAN, LIPI, BPPT, BIG, BAPETEN, LAPAN) beserta jajarannya. Tamu kunjungan di terima oleh Staf Ahli Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan Sumut, Drs. E. Marbun, di ruang Aula Raja Inal Siregar, Kantor Gubernur Sumatera Utara.

Acara dimulai dari kata sambutan Ketua Tim Kunjungan Kerja Komisi VII DPR RI. Beliau menyampaikan ucapan terima kasih atas sambutan kedatangan dan menyampaikan maksud dan tujuan kunjungan kerja komisi VII DPR RI ke Provinsi Sumatera Utara. Adapun maksud dan tujuan utama kunjungan kerja adalah untuk mendapatkan data dan informasi mengenai permasalahan, solusi dan dukungan dari Mitra terkait pasokan energi dan sumber daya mineral (gas, BBM, dan listrik) di Provinsi Sumatera Utara. Selain itu, informasi pemanfaatan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam mengoptimalkan sumber daya alam, dan pengelolaan kawasan hutan di Sumatera Utara.

Staf Ahli Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan Sumut, Drs. E. Marbun menyampaikan ucapan terima kasih dan selamat datang di Provinsi Sumatera Utara, dan diharapkan Komisi VII DPR RI dalam kunjungan kerja ini dapat memperoleh data dan informasi mengenai permasalahan yang tengah dihadapi Sumatera Utara terkait pengelolaan energi dan sumber daya mineral, serta solusi dan dukungan dari Mitra Sumut dalam menyelesaikan masalah tersebut. Kemudian, dilakukan diskusi antara tim kunjungan kerja Komisi VII DPR RI dengan para Mitra Sumut terkait permasalahan Gas, BBM, dan kelistrikan di Sumatera Utara.

Diakhir acara kunjungan kerja ini, dilakukan penyerahan hasil penelitian dan pengembangan dari Lembaga dan Badan Riset dan Teknologi RI (BATAN, LIPI, BPPT, BIG, BAPETEN, LAPAN). Dalam agenda ini, LAPAN menyerahkan berbagai data citra penginderaan jauh wilayah Sumatera Utara berupa data Citra Satelit Resolusi Sangat Tinggi (CSRST) Pleiades, mosaik data satelit SPOT-6/7 serta mosaik data satelit Landsat-8 tahun 2018 yang diberikan oleh Kepala Pusat Teknologi dan Data Penginderaan Jauh, Ir. Dedi Irawadi kepada Pemerintah Daerah Provinsi Sumatera Utara.