Kunjungan Kerja Spesifik Komisi VII DPR RI ke Stasiun Bumi Penginderaan Jauh LAPAN Parepare
By bambang, 02 Apr 2018
DE – INDEARAJA | Stasiun Bumi Penginderaan Jauh LAPAN Parepare pada hari Selasa 27 Maret 2018 menerima kunjungan 9 orang anggota Komisi VII DPR RI, dengan diketuai oleh Ir. H.S.W Yudha, M.Sc, ME, dalam rangka kunjungan kerja spesifik peninjauan ke Stasiun Bumi LAPAN di Parepare. Turut hadir pula pada acara tersebut Dirjen Minerba Kementerian ESDM, Direktur IPSDH Kementerian LHK, serta PJS Walikota Parepare. Tamu kunjungan di terima oleh Kepala LAPAN, Prof. Dr.Thomas Djamaludin dengan didampingi oleh Deputi Bidang Penginderaan Jauh, Dr. Orbita Roswintiarti dan Kepala Pusat Teknologi dan Data Penginderaan Jauh (Pustekdata), Ir. Dedi Irawadi, di ruang Aula Stasiun Bumi LAPAN Parepare.
Dalam sambutannya, Kepala LAPAN menyampaikan ucapan terima kasih dan selamat datang di  Stasiun Bumi Penginderaan Jauh LAPAN, dan diharapkan Komisi VII DPR RI dalam kunjungan kerja spesifik ini dapat menambah pengetahuan tentang penginderaan jauh yang dimiliki oleh LAPAN serta dapat bekerja sama untuk meningkatkan pemanfaatan dari data penginderaan Jauh. Selain itu dari pihak LAPAN menyampaikan pula presentasi  yang dibawakan oleh Deputi Bidang Penginderaan Jauh, yang  menyampaikan tentang ketersediaan data penginderaan jauh yang dimiliki oleh LAPAN serta peran LAPAN dalam penyelenggaraan penginderaan jauh sebagaimana diatur dalam Instruksi Presiden No. 6 Tahun 2012  dan Undang-undang No.  21 Tahun 2013 tentang Keantariksaan. Selain itu presentasi memaparkan pula tentang katalog ketersediaan data, kerjasama nasional, pemanfaatan data penginderaan jauh, sistem pemantauan bumi provinsi, serta kegiatan sosialisasi dan bimbingan teknis yang dilakukan oleh LAPAN dibidang penginderaan jauh.
Diskusi pada kunjungan kerja spesifik peninjaun Stasiun Bumi Penginderaan Jauh ini terkait dengan pemanfaatan data penginderaan jauh untuk pertambangan dan kehutanan. Para peserta kunjungan diajak pula meninjau ruang operator Stasiun Bumi Penginderaan Jauh Parepare untuk melihat secara langsung proses perekaman data penginderaan jauh.
Diakhir acara kunjungan kerja ini, dilakukan penyerahan souvenir berupa data citra satelit resolusi sangat tinggi Pleiades, mosaik data satelit SPOT-6/7 wilayah Indonesia serta mosaik data satelit Landsat-8 wilayah Indonesia tahun  2017 yang diberikan oleh Deputi Bidang Penginderaan Jauh kepada para anggota Komisi VII DPR yang hadir.