Sosialisasi dan Bimbingan Teknis Penyediaan dan Pemanfaatan Data Satelit Penginderaan Jauh untuk Mendukung Perencanaan Pembangunan Provinsi Kepulauan Riau
By bambang, 23 Mar 2018
DE – INDERAJA | Kegiatan Sosialisasi dan Bimbingan Teknis untuk Pemerintah Daerah yang dilaksanakan oleh satuan kerja di lingkungan Deputi Bidang Penginderaan Jauh, dengan tema “Penyediaan dan Pemanfaatan Data Satelit Penginderaan Jauh untuk Mendukung Perencanaan Pembangunan Provinsi Kepulauan Riau” dilaksanakan di Aula Wan Sri Beni Pusat Pemerintahan Provinsi Kepulauan, Pulau Dompak, Kota Tanjung Pinang. Kegiatan ini dilangsungkan selama dua hari yaitu tanggal 21 dan 22 Maret 2018. Kegiatan ini bertujuan untuk memperkenalkan ketersediaan data dan pemanfaatan satelit penginderaan jauh yang telah diperoleh melalui sistem penerimaan data satelit di LAPAN. Diharapkan dengan adanya data dan informasi dari LAPAN dapat membantu pemerintah daerah dalam membuat perencanaan pembangunan.
Kegiatan sosialisasi dan bimbingan teknis ini dibuka oleh Drs. M. Darwin, M.T. selaku Kabid Perencanaan Perekonomian, Sumber Daya Alam, Infrastruktur dan Kewilayahan yang mewakili Kepala Bappeda Provinsi Kepulauan Riau yang pada saat yang sama sedang mendampingi Bapak Gubernur menerima kunjungan dari Sekolah Angkatan Udara. Pada acara pembukaan ini dijelaskan pentingnya pemanfaatan data penginderaan jauh untuk berbagai bidang terutama untuk mendukung rencana pembangunan Provinsi Kepulauan Riau. Diharapkan dengan menggunakan data satelit penginderaan jauh dapat memberikan informasi spasial penggunaan lahan dan informasi potensi sumber daya alam di Provinsi Kepulauan Riau.
Pada kegiatan sosialisasi dan bimbingan teknis ini Kepala Pusat Tekonologi dan Data (Pustekdata), Ir. Dedi Irawadi yang mewakili Deputi Bidang Penginderaan Jauh LAPAN. Memberikan paparan yang meliputi: struktur organisasi LAPAN, keberadaan Inpres dan Undang-undang Keantariksaan, konsep penginderaan jauh, ketersediaan data satelit pengindaraan jauh, dan pemanfaatan data penginderaan jauh. Dilanjutkan dengan demo Sistem Pemantauan Bumi Provinsi (SPBP) Kepulauan Riau yang merupakan data dan informasi spasial berbasis data satelit resolusi rendah hingga resolusi tinggi. SPBP ini dapat memberikan digunakan sebagai media untuk pemantauan perubahan lahan baik Land Use/Land Cover, pemantauan dibidang perikanan dengan adanya informasi ZPPI (Zona Potensi Penangkapan Ikan), pemantaun perubahan hutan (deforestasi), Pemantauan sumber daya ekosistem pesisir seperti mangrove, eksploitasi sumberdaya alam dan lingkungan,  dan kondisi lainnya berbasis data satelit penginderaan jauh.
Selain itu, Ir. Dedi Irawadi juga berusaha membangkitkan semangat pemerintah daerah di Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Kabupaten/Kota di Provinsi Kepulauan Riau, untuk ikut serta memanfaatkan data satelit penginderaan jauh yang telah ada di Pustekdata-LAPAN. LAPAN juga menyediakan layanan bimbingan teknis bagi para tenaga teknis di lingkungan pemerintah daerah. Bimbingan teknis ini dilangsungkan di Pustekdata-LAPAN bertujuan memberikan wawasan tentang pengolahan dan pemanfaatan data satelit penginderaan jauh.
Kegiatan ini dihadiri oleh pejabat struktural dari Pemerintah Daerah Provinsi Kepulauan Riau dan satuan kerja di lingkungan Deputi Bidang Penginderaan Jauh yang pada kesempatan ini juga dihadiri oleh pejabat struktural di lingkungan satuan kerja Deputi Bidang Penginderaan Jauh, LAPAN, yaitu Kepala Pusat Teknologi dan Data Ir. Dedi Irawadi, Kepala Bidang Diseminasi Ir. Rubini Jusuf, M.Sc. Kegiatan ini juga ikut serta tim teknis dan instruktur bimbingan teknis, yaitu: Aby Alqudri, Udhi Catur N., Rahmat Rizkiyanto, dan Randy Prima. Acara sosialisasi dan bimbingan teknis ini dihadiri peserta dari Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Kabupaten/Kota di Provinsi Kepulauan Riau dengan Jumlah 67 peserta.

Penulis : Randy Prima