Universitas Islam Negeri Alauddin Makasar Berkunjung di LAPAN Pekayon
By bambang, 18 Jan 2018
DE – INDERAJA | Jakarta, Selasa, 16 Januari 2018, Pusat Teknologi  dan Data Penginderaan Jauh LAPAN menerima kunjungan dari Universitas Islam Negeri Alauddin Makasar  Jurusan Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota Fakultas  Sains dan Teknologi terdiri dari 65 mahasiswa semester VII dan 2 dosen dengan koordinator H. Wahyu Hidayat, ST., MSi dan Inda Wulandari, ST., MT. kunjungan tersebut dalam rangka kunjungan membangun atmosfer akademik tentang pemetaan untuk mewujudkan Indonesia  yang lebih baik. Tamu kunjungan diterima oleh Kabid Diseminasi Pustekdata Ir. Rubini Jusuf, M.Si di damping  Narasumber  Inggit Lolita Sari, ST, M.GIS peneliti Pustekdata, tamu diterima di gedung Indriya Bhuwana Pustekdata.
Sambutan dan sekaligus pembukaan, Kabid Diseminasi Pustekdata Ir. Rubini Jusuf, M.Si menyampaikan terima kasih atas kunjungan di LAPAN, dan semoga dalam kunjungan ini dapat  menambah pengetahuan tentang pengetahuan informasi dan manfaatnya data citra satelit penginderaan jauh yang di miliki LAPAN.  Kabid. Diseminasi memberikan kesempatan dan menawarkan kepada Universitas Islam Negeri Alauddin Makasar  khususnya mahasiswa melakukan tugas akhir/ PKL ke LAPAN.
Narasumber  Inggit Lolita sari, ST., MT  memaparkan persediaan dan pemanfaatan data penginderaan jauh untuk mendukung pembangunan daerah, tugas dan fungsi LAPAN  di Kedeputian Bidang Penginderaan Jauh sebagaimana di atur di dalam U.U. 21 Tahun 2013 tentang keantariksaan yang mengatur  penginderaan jauh. penerimaan, pengolahaan, pengelolaan data dan diseminasi informasi penginderaan jauh.
Akusisi tiga stasiun bumi penginderaan jauh, Parepare Provinsi Sulawesi Selatan adalah Sistem Penerimaan dan Pengolahan, mengakuisisi data (Terra, Aqua, S-NPP, Landsat-7/8, SPOT-6/7), Rumpin Sistem Penerimaan dan Pengolahan (Terra, Aqua, Landsat-7/8) dan Jakarta Sistem Penerimaan dan Pengolahan (MTSAT, Himawari, NOAA, METOP). Data citra satelit penginderaan jauh di distribusikan kementerian/Lembaga, TNI/POLRI, Pemerintah dan Daerah dan Institusi Pendidikan.
Pemanfaatan data penginderaan jauh untuk sumber daya laut dan pesisir sebaran manggrow, ektrasksi suhu permukaan laut, zona penangkapan ikan, Pemanfaatan sumber daya darat antara lain  Deforestasi alam,  tutupan hutan dan perubahanya, identifikasi kebun kelapa sawit, Pemanfaatan tata ruang dan masih banyak lagi pemanfaatan data citra satelit penginderaan jauh sesuai yang dibutuhkan. (Humas Pustekdata)