MAN 14 Jakarta Timur Belajar Ilmu Dasar Penginderaan Jauh di LAPAN Pekayon
By bambang, 29 Aug 2017
DE – INDERAJA |  Jakarta, Senin 28 Agustus 2017, Pusat Teknologi dan Data Penginderaan Jauh menerima kunjungan dari Madrasyah Aliyah Negeri 14 Jakarta Timur Kelas 10 IPS dalam rangka penerapan konsep pembelajaran di luar sekolah sebanyak 72 siswa dan 4 guru pendamping koordinatr Drs. Asmad Ghojali. Tamu kunjungan diterima Kabag. Administrasi Pustekdata D. Heri Yuli Sulyantara, S.Si., M.Sc di dampingi  Randy Prima Brahmantara, ST  sebagai narasumber, tamu tersebut diterima di gedung Indriya Bhuwana Pustekdata LAPAN.
Dalam sambutan Kabag. Administrasi Pustekdata D. Heri Yuli Sulyantara, S.Si., M.Sc menyampaikan  berterima kasih atas berkunjung ke LAPAN khususnya pada Pusat Tenologi dan Data Penginderaan Jauh, semoga dengan kunjungan ini dapat memanfaatkan waktu yang relative sangat singkat, nanti garis besarnya narasumber akan menyampaikan tentang penginderaan jauh dan manfaatnya dan semoga menambah wawasan pengetahuan ilmu penginderaan jauh.  
Narasumber Randy Prima Brahmantara, ST  memberikan pemaparan tentang “ Penyediaan dan Pemanfaatan Data Satelit Penginderaan Jauh untuk Mendukung Pembangunan Daerah”. Narasumber menyampaikan garis besar struktur organisasi LAPAN, dan Tugas dan Fungsi LAPAN pada Deputi Bidang Penginderaan Jauh. Berdasarkan Instruksi Presiden Republik Indonesia No.6 Tahun 2012 Tentang Penyediaan, penggunaan, pengendalian kualitas, pengolahan dan distribusi data satelit penginderaan jauh resolusi tinggi dan UU No. 21 Tahun 2013 tentang Keantariksaan tentang penginderaan jauh, data satelit penginderaan jauh di distribusika kepada Pemerintah Pemerintah Daerah (Pemprov. Pemkot dan Pemkab, Kementerian Lembaga, TNI/POLRI, dan Perguruan Tinggi Negeri.
Salah satunya LAPAN membangun tiga stasiun bumi penginderaan jauh yaitu Stasiun Bumi Parepare, Rumpin dan Pekayon. Stasiun Bumi Parepare dapat penerimaan dan pengolahan data satelit  resolusi rendah antara lain Terra, Aqua, S-NPP, Himawari, MTSAT, NOAA, dan METOP dan resolusi menengah Landsat-7/8, dan Resolusi Tinggi SPOT-6/7. Dan LAPAN juga  mengakuisisi data resolusi sangat tinggi Pleiades, Geoeye, QuickBird, Worldview2, Worldview3,  dan data satelit (Synthetic Aperture Radar) TerraSAR-X.  

Dalam sesi tanya jawab ada beberapa siswa sangat antusias ingin tahu dengan bertanya tentang penginderaan jauh, pesawat yang telah dikembangkan oleh LAPAN, satelit LAPAN dan apakah datanya bisa dijual atau dimanfaatkan oleh negara lain. Kunjungan diakhiri dengan mengajak siswa/siswi Madrasyah Aliyah Negeri 14 Jakarta Timur ke Ruang Pelayanan data dan Ruang Showroom Pustekdata.