SMA PAHOA Serpong Tangerang Belajar Penginderaan Jauh di LAPAN
By bambang, 17 Apr 2017
DE - INDERAJA | Pusat Teknologi dan Data Penginderaan  Jauh LAPAN menerima kunjungan dari SMA PAHOA Serpong Tangerang sebanyak 115 siswa/siswi dengan 7 guru dampingan koordinator Ropinus Sumarmata, M.Pd. Kunjungan tersebut dalam rangka field trip bagaimana mengenal lebih dekat tentang  sistem penginderaan jauh, fungsi penginderaan jauh, Instansi yang menggunakan data penginderaan jauh serta kunjungan fasilitas.
Sambutan dan penerima tamu kunjungan diterima oleh Kabag. Administrasi Pustekdata D. heri Yuli Sulyantara, S.Si., M.Scdi di gedung pertemuan Adriyana Bhuwana, dalam sambutannya menyampaikan, mengucapakn terima kasih atas kepercayaan berkunjung di instansi kami dan dengan waktu yang singkat  dapat memanfaatkan waktu semoga menambah wawasan ilmu pengetahuan tentang teknologi dan  manfaat data citra satelit penginderaan jauh, Jakarta/12/April/2017.
Narasumber Haris Suka Dyatmika, S.Si memberikan pemaparan tentang Penyediaan dan Pemanfaatan Data Satelit Penginderaan Jauh untuk Mendukung Pembangunan Daerah.  Narasumber menjelaskan tentang gambaran umum struktur organisasi LAPAN, tugas dan fungsi dari masing-masing kedeputian di LAPAN dan dua Satker yaitu pada Pusat Teknologi dan Data penginderaan jauh sebagai penyedia dan penyimpan dan pendistribusan data satelit penginderaan Jauh, adapun pengguna data penginderaan jauh Kementerian/Lembaga, TNI/POLRI, Pemerintah Daerah dan Institusi Pendidikan. Sedangkan pada Satker Pusat Pemanfaatan penginderaan Jauh dapat memanfaatkan aplikasi/manfaatnya informasinya adalah perubahan iklim, sumberdaya alam dan lingkungan, kebencanaan, pertahanan dan keamanan dan kepentingan strategis aliannya, peta dasar.
Dasar hukum yang memperkuat tugas dan fungsi LAPAN di bidang penginderaan jauh. Dasar hukum tersebut yaitu Inpres No. 6 Tahun 2012 dan UU No. 21 Tahun 2013 tentang Keantariksaan. Para peserta juga dijelaskan tentang definisi penginderaan jauh, sistem perekaman data dengan menggunakan satelit penginderaan jauh, orbit-orbit satelit, hingga resolusi data penginderaan jauh.
Dan didukung memiliki tiga stasiun bumi penginderaan jauh yaitu Stasiun Bumi Parepare, Rumpin dan Pekayon. Stasiun Bumi Parepare dapat penerimaan dan pengolahan data satelit Terra, Aqua, S-NPP, Landsat-7/8, dan SPOT-6/7. Stasiun Bumi Rumpin untuk sistem penerimaan dan pengolahan data Landsat-7/8. Sementara itu, Stasiun Bumi Jakarta untuk sistem penerimaan dan pengolahan data satelit Himawari-8, MTSAT, NOAA, dan METOP. Untuk memberikan gambaran tentang data agar lebih jelas, ditampilkan pula beberapa contoh data satelit penginderaan jauh yang dimiliki oleh LAPAN, seperti Pleiades, Geoeye, QuickBird, Worldview2, Worldview3, Landsat 8, Terra/Aqua, Himawari 8, SPOT 6 dan SPOT 7, dan data satelit (Synthetic Aperture Radar) TerraSAR-X.