LAPAN menghadiri pembukaan “The 4th ASEAN Ministerial Meeting on Disaster Management (AMMDM)”
By bambang, 17 Oct 2016
DE- INDERAJA | Deputi Bidang Penginderaan Jauh – LAPAN mewakili Kepala LAPAN memenuhi undangan dari Kepala BNPB hadir pada acara pembukaan “The 4th ASEAN Ministerial Meeting on Disaster Management (AMMDM)” yang berlangsung di Manado, Sulawesi Utara pada tanggal 13 Oktober 2016.

Acara ini dihadiri oleh Menteri PUPR, delegasi negara-negara ASEAN, Gubernur Sulawesi Utara dan jajarannya, serta perwakilan Gubernur/Kementerian/Lembaga/ Bupati/BPBD dari seluruh Indonesia.  

Pada kesempatan kunjungan ke Sulawesi Utara ini juga, Deputi Bidang Penginderaan Jauh – LAPAN bersama Kepala Bagian Administrasi Pusfatja dan peneliti dari Pustekdata menyempatkan melakukan kunjungan kerja ke kantor Bappeda Provinsi Sulawesi Utara pada tanggal 14 Oktober 2016. Kunjungan kerja tersebut diterima antara lain oleh Kepala Bidang Perencanaan Ekonomi dan Kepala UPTB Balai Penelitian dan Pengembangan Bappeda Sulawesi Utara.

Dalam pertemuan ini dibahas tindaklanjut dari kegiatan sosialisasi dan bimbingan teknis pengolahan data dan aplikasi penginderaan jauh yang telah dilaksanakan pada bulan Februari 2016 di Manado, rencana kegiatan peningkatan kapasitas Sumber Daya Manusia Bappeda Sulawesi Utara pada tahun 2017 di LAPAN Pekayon, serta disampaikan pemutakhiran data dan informasi dari prototipe Sistem Pemantauan Bumi Provinsi Sulawesi Utara.Pihak Bappeda Pemprov Sulawesi Utara, dalam diskusinya menyampaikan permohonan data citra satelit resolusi tinggi guna untuk perencanaan pembangunan jalan TOL dan jalur Kereta Api, serta perubahan alih fungsi lahan dalam rangka pengembangan pariwisata di Pulau Bunaken.