LAPAN Menjalin Kerjasama Dengan China Academy Of Space Technology (CAST) Dalam Pembangunan Satellite Information Maritime Application Center (SIMAC)
By bambang, 16 Jun 2016
DE – INDERAJA | LAPAN dan China Academy of Space Technology (CAST) sepakat melakukan kerja sama untuk membangun sistem Satellite Information Maritime Application Center (SIMAC). Kesepakatan kerja sama yang telah dimulai sejak 2014 lalu tersebut semakin mewujud setelah LAPAN menerima kedatangan delegasi CAST pada tanggal 13 hingga 14 Juni 2016. Adapun tujuan kunjungan delegasi CAST tersebut adalah membahas desain sistem LAPAN SIMAC dan tindak lanjut kerjasama.

Dalam paparannya, delegasi CAST yang dipimpin oleh Mr. Zhao Jun selaku project manager, membahas beberapa hal terkait sistem LAPAN SIMAC. Bahasan tersebut diantaranya mengenai jadwal dan milestone yang ingin dicapai dalam pengembangan sistem. Dalam milestone tersebut, sistem LAPAN SIMAC dijadwalkan untuk rampung pada semester kedua tahun 2017. Selain membahas jadwal, dibahas juga mengenai hal-hal teknis terkait desain sistem seperti sumber data, antar muka sistem, hardware dan software yang akan digunakan, termasuk training yang akan dilaksanakan. Bentuk konkrit dari kerjasama ini, CAST akan menyerahkan 6 (enam) rack sistem LAPAN SIMAC ini yang terdiri dari server, storage, switch dan lain-lain serta software-software yang akan digunakan pada sistem LAPAN SIMAC ini pada semester kedua 2017. Seluruh peralatan ini rencananya akan diletakkan di datacenter Pustekdata.

Pada akhir pertemuan dilakukan penandatangan Minutes of System Design Meeting. Penandatanganan ini juga sebagai persetujuan mengenai desain sistem LAPAN SIMAC yang akan dibangun. Deputi Bidang Penginderaan Jauh, Dr. Orbita Roswintiarti, M.Sc., menjadi perwakilan dari LAPAN sementara dari pihak CAST diwakili oleh Mr. Zhao Jun.

Sistem LAPAN SIMAC ini diharapkan bisa memberikan manfaat pada masyarakat terkait informasi kemaritiman. Dengan input berupa data penginderaan jauh, sistem ini diharapkan mampu mengolahnya menjadi produk informasi seperti informasi sea surface temperature, oceanic chlorophyll, oceanic suspended sediment, dan sebagainya.