SMK ANGKASA I MARGAHAYU BANDUNG BERKUNJUNG KE LAPAN PEKAYON
By bambang, 15 Mar 2016
JAKARTA, DE – INDERAJA |  Pusat Teknologi dan Data Penginderaan Jauh menerima kunjungan SMK Angkasa I Margahayu yayasan Pia Ardiya Garini Cabang IV Lanud Sulaiman Bandung, Selasa//8/3/2016.

Jurusan Teknik Transmisi Telekomunikasi (TTT) dan Teknik Swiesing (TSW)  SMK Angkasa I sebanyak 46 siswa kelas XI berkunjung ke LAPAN dalam rangka kunjungan industri dengan di dampingi 11 guru pedamping ketua rombongan Cuncun Cahyadi, S.Si.

Tamu Kunjungan tersebut diterima oleh  Ka.Sub.Bag. Keuangan dan Barang Milik Negara (BMN)  Dewi Iva, S.E. di dampingi Drs. Abdul Asyiri, M.Si perekayasa Pustekdata dan Suwarsono, S.Si, M.Si peneliti Pusfatja,  di ruang Training Pustekdata  dan dilanjutkan visitasi fasilitas showroom dan pelayanan.

Dari pemaparan para narasumber Pustekdata dan Pusfatja menjelaskan bahwa Citra satelit penginderaan jauh LAPAN diterima dari stasiun bumi di Parepare Sulawesi Selatan, Rumpin Bogor dan Jakarta. Yang dapat menerima data satelit untuk resolusi tinggi, menengah, dan rendah.

Stasiun Bumi Parepare untuk sistem penerimaan dan pengolahan data satelit Terra, Aqua, S-NPP, Landsat-7/8, dan SPOT-6/7. Stasiun Bumi Rumpin untuk sistem penerimaan dan pengolahan data satelit Terra, Aqua, dan Landsat-7/8. Sementara itu, Stasiun Bumi Jakarta untuk sistem penerimaan dan pengolahan data satelit MTSAT, NOAA, dan METOP.

Data satelit penginderaan jauh LAPAN didistribusikan kepada para pengguna antara lain Kementerian/Lembaga, Pemerintah Daerah, TNI/POLRI untuk dimanfaatkan  informasi data citra satelit penginderaan jauh sesuai dengan bidang disiplin masing masing. Untuk mendapatkan data citra satelit penginderaan jauh  para pengguna/user telah diatur  dalam Instruksi Presiden Republik Indonesia No.6 Tahun 2012 Tentang Penyediaan, penggunaan, pengendalian kualitas, pengolahan dan distribusi data satelit penginderaan jauh resolusi tinggi.

Dari sisi manfaat data citra satelit  penginderaan jauh  adalah untuk dapat dimanfaatkan infomasinya antara lain metigasi dan bencana, pertanian, perikanan, tata ruang, tambang, sumber daya air, kehutanan, dan pengembangan wilayah.

Beberapa siswa sangat antusias ingin tahu dengan bertanya tentang satelit  LAPAN dan manfaat data  citra satelit penginderaan jauh,  Selasa//8/3/2016 Humas Pustekdata