Universitas Jenderal Soedirman berkunjung di LAPAN Pekayon
By bambang, 25 Feb 2016
JAKARTA,  DE-INDERAJA |  Deputi Bidang Penginderaan Jauh, Pusat Teknologi dan Data Penginderaan Jauh menerima kunjungan dari Universitas Jenderal Soedirma Purwokerto Fakultas Matemetika dan Ilmu Pengetahuan Alam dalam rangka kunjungan ilmiah jurusan Matematika “ My Trip My Knowledge” yang diselenggarakan oleh Himatika Unsoed. dar 41 mahasiswa terdiri dari semester IV dan semester VI dengan 2 dosen pedamping diantaranya Suroto, M.Sc dan Agus Matein Otika. Kunjungan Mahasiswa Universitas Jenderal Soedirman diterima oleh Kepala Bidang Diseminasi Ir. Rubini Jusuf, M.Si didapimpingi Andie Setiyoko, S.T, M.Tech, peneliti Pustekdata serta Fajar Yulianto, S.Si, M.Si peneliti Pusfatja dan dari KSH LAPAN Pusat Drs. Firmanulloh dan acara tersebut berlangsung di gedung Serbaguna Pustekdata, jalan Lapan no. 70, Pekayon, Pasar Rebo, Jakarta Timur, Rabu/24/02/2016.

Kunjungan Mahasiswa Universitas Jenderal Soedirman melakukan rangkaian acara di mulai dengan kunjungan ke fasilitas yang ada pada Pusat Teknologi dan Data Penginderaan Jauh  seperti di Showroom  dan Ruang Pelayanan di pandu oleh Gusti Dharma Yudha, S. Kom. Dan Drs. Abdul Asyiri, M.Si, di Data  Center dipandu oleh Yayat Hidayat, S.Kom. dan kunjungan difasilitas Stasiun Bumi di pandu Sugiyanto, S.Kom

Kepala Bidang Diseminasi  Ir. Rubini Jusuf, M.Si dalam sambutan dan pembukaan menyampaikan tentang Deputi Bidang Penginderaan Jauh, dimana Pustekdata terdapat fasilitas Bank Data Penginderaan Jauh Nasional yang bertugas diantaranya  menyimpan, mendistribusikan, pengelolaan, pengolahan. Sedangka Pusfatja adalah pemanfaatan/ aplikasi  berbagai sektor pemantuan bumi nasional. LAPAN mendistribusikan data inderaja kepada Kementerian dan Lembaga, Pemerintah Daerah, TNI/POLRI serta Perguruan Tinggi.  Apabila perguruan tinggi akan melakukan magang, Riset, PKL dan sebagainya LAPAN terbuka untuk keperluan tersebut.

Sambutan perwakilan dari Unsoed menyampaikan atas nama Universitas Jenderal Soedirman mengucapkan terima kasih  peluang yang diberikan kepada Unsoed dan kedepannya dapat dilakukan kerjasama, sebagaimana di Unsoed ada 4 komponen atau materi  seperti kompotasi, statistik, terapan  dan teori mudahan mudahan adanya edukasi ke LAPAN khususnya di bidang penginderaan jauh, ujar Suroto, Rabu/24/2/2016.

Acara selanjutnya  presentasi/pemaparan yang disampaikan oleh Andie Setiyoko, S.T, M.Tech peneliti Pustekdata dan Fajar Yulianto, S.Si, M.Si peneliti Pusfatja menyampaikan pemaparan tentang teknologi data dan pemanfaatan data penginderaan jauh serta  fasiltas stasiun bumi penerima dan perekam  data citra penginderaan jauh ada 3 tempat stasiun bumi di Parepare, stasiun bumi di Jakarta dan di Rumpin Jawa Barat dan data center / Bank Data Penginderaan Jauh Nasional. Data citra penginderaan jauh yang dimiliki LAPAN antara lain resolusi rendah Terra/Aqua, NPP, NOAA-18/19, Metop MTSAT-1R), data resolusi menengah (Landsat-7,Landsat-8) dan data resolusi tinggi  9 SPOT-5,SPOT-6, SPOT-7. untuk didistribusikan ke pengguna yaitu Kementerian/ Lembaga, TNI, POLRI dan Pemerintah Daerah   dan perguruan Tinggi.  Adapun manfaat data tesebut kegunaan untuk mitigasi dan bencana, pertanian, kelautan, kebakaran hutan dan perikanan, gempa, gunung berapi, dan tata ruang dan sebagainya. Humas Pustekdata