BELAJAR PENGOLAHAN DATA CITRA SATELIT PENGINDERAAN JAUH, MAHASISWA UNIVERSITAS ANDALAS PADANG
By bambang, 12 Feb 2016
JAKARTA, DE-INDERAJA |  Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional, Deputi Bidang Penginderaan Jauh  dan  KSH LAPAN Pusat menyambut baik Universitas Andalas Padang   Fakultas Pertanian Program Studi Ilmu Tanah melakukan kunjungan Bimbingan Teknis Pengolahan Citra Satelit Penginderaan Jauh Tingkat Dasar selama dua hari mulai tanggal  11 -12 Pebruari 2016, dengan dua puluh  peserta/ mahasiswa program studi 18 S1 dan 2  program S2  jurusan agroekoteknologi dan Ilmu tanah  satu dosen pendamping Prof. Dr. Ir. Dian Fiantis, M.Sc. Tamu kunjungan biimtek diterima oleh Kepala Pusat Teknologi dan Data Penginderaan Jauh Ir. Dedi Irawadi didampingi Kepala Bidang Diseminasi Ir. Rubini Jusuf, M.Sc serta Kepala Bidang Program dan Fasilitas Syarief Budhiman, S.Si, M.Sc berlangsung di ruang Demo Pustekdata jalan Lapan no 70, Pekayon  Pasar Rebo, Jakarta Timur.

Sambutan dan Pembukaan Kapustekdata Ir. Dedi Irawadi menyampaikan bahwa LAPAN khususnya di Deputi Bidang Penginderaan Jauh, Pustekdata sebagai penyedia data penginderaan berlisensi pemerintah Indonesia bagi seluruh Kementerian/ Lembaga, TNI, POLRI dan Pemerintah Daerah  sesuai amanah Undang Undang Nomor 21 Tahun  2013 tentang Keantariksaan dan Inpres Nomor 6  Tahun 2012 tentang penyediaan, penggunaan, pengendalian kualitas, pengolahan dan distribusi  data citra satelit resolusi tinggi. Dan Pusfatja melaksanakan penelitian, pengembangan dan perekayasaan serta penyelenggaraan keantariksaan dibidang pemanfaatan penginderaan jauh (Pasal 126 Perka No.8 Tahun 2015 Tentang Organisasi dan Tata Kerja LAPAN) .

Data citra satelit penginderaan jauh yang  dimiliki LAPAN untuk didistribusikan ke pengguna yaitu Kementerian/ Lembaga, TNI, POLRI dan Pemerintah Daerah   dan perguruan yang diatur sesuai aturan yang berlaku oleh karena itu khususnya Univesitas Andalas terbuka bila membutuhkan data citra satelit penginderaan jauh ujar Kapustekdata Ir. Dedi Irawadi, Kamis/11/2016

Sambutan Prof. Dr. Ir. Dian Fiantis, M.Sc pedamping mahasiswa Universitas Andas Padang menyampaikan terima kasih, dengan harapan bimtek di LAPAN tentang pengolahan data citra satelit penginderaan jauh tingkat dasar ini dapat dimanfaatkan oleh mahasiswa kami maupun di Univesitas Andalas. Serta harapan kami juga kedepannya dapat ditingkatkan lagi kerjasama di bidang penginderaan jauh.

Sesuai dengan pernyataan Prof. Dr. Ir. Dian Fiantas, M.Sc bahwa Universitas Andalas fakultas penginderaan jauh baru 2013,  jadi untuk mengenal data citra penginderaan jauh dan ilmu pengetahuan penginderaan jauh perlu pendekatan  ke LAPAN, Kamis/11/2016

 Mahasiswa program S2 untuk S3 Jurusan Ilmu Tanah   saudara Syahru Ramadhan menyampaikan bahwa  LAPAN merupakan Lembaga yang memiliki teknologi data penginderaan jauh serta aplikasinya data penginderaan jauh yang dapat memberikan informasi  sesuai dengan kebutuhan. Oleh karena berharap dapat melakukan kerja praktek lapangan di LAPAN tentang menggunakan teknologi data penginderaan jauh dan aplikasinya. Humas Pustekdata_Bams,EP, ML)