KUNJUNGAN UNIVERSITAS BRAWIJAYA DI PUSAT TEKNOLOGI DAN DATA PENGINDERAAN JAUH
By bambang, 07 Oct 2015
JAKARTA, DE-INDERAJA – LAPAN |  Pusat Teknologi dan Data Penginderaan Jauh (Pustekdata) pada Deputi Bidang Penginderaan Jauh Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional menerima  kunjungan Universitas Brawijaya Fakultas MIPA sebanyak 55 mahasiswa  semester III, V dan di dampingi  Wasis  dosen pedamping. Kunjungan ini dalam rangka program kerja HIMAFIS Studi Ekskursi (SE) “ mempersiapkan Lapangan Kerja dan Menumbuhkan Mental Siap Kerja bagi seluruh Mahasiswa Fisika UB”. Kunjungan Universitas  Brawijaya diterima oleh Kepala Bidang Pengembangan Bank Data Penginderaan Jauh Rubini Jusuf di dampingi peneliti Gunawan Hidayat bidang Teksista Pustekdata di ruang Training Pustekdata jalan Lapan no 70, Pekayon, Pasar Rebo, Jakarta Timur, hari Selasa tanggal 5 Oktober 2015.

Sambutan dan pembukaan oleh Kabid Bank Data Pustekdata menyampaikan terima kasih atas kunjungan di instansi kami (LAPAN) dan selamat datang mudah mudahan LAPAN dapat memberikan  sesuai dalam rangka kunjungan yang dimaksud “ mempersiapkan Lapangan Kerja dan Menumbuhkan Mental Siap Kerja bagi seluruh Mahasiswa Fisika UB”.. “kata Rubini”.

Sambutan dosen pedamping Wasis menyampaikan terima kasih atas sambutan, bahwa kunjungan ini adalah program kerja HIMAFIS Studi Ekskursi (SE) ini dapat menambah wawasan pengetahuan secara edukasi khususnya tentang penginderaan jauh yang dimiliki LAPAN, dan ternyata kami turut berbangga bahwa  Indonesia memiliki berbagai teknologi yang ada di LAPAN ”kata Wasis”

Pemaparan Sesuai Inppres Nomor 6 Tahun 2012 dan UU Nomor 21 Tahun 2013 tentang Keantariksaan, Pustekdata LAPAN yang ditugaskan pemerintah untuk pelaksanaan proses Penyedia, penerimaan dan perekaman, pengolahan informasi dan pendistribusian data  penginderaan jauh reslolusi tinggi sebagai payung hukum. Pustekdata LAPAN sebagai distribusi data penginderaan jauh kepada pengguna Kementerian/ Lembaga, Pemerintahan Pusat dan Daerah, TNI/POLRI dan juga bagi mahasiswa yang akan melakukan peneitian/ PKL,  tugas akhir dengan persyaratan yang harus dipenuhi akan kami bantu. “kata Rubini”. Pustekdata LAPAN memiliki  data penginderaan jauh terdari dari Resolusi rendah : Terra/Aqua NPP; NOAA-18/19; MetOp; MTSAT-1R,   Resolusi menengah : Landsat-7; Landsat- Resolusi tinggi  : SPOT-5 (s.d Mar 2015); SPOT-6; SPOT-7, dan dapat diakses. Acara selanjutnya tanya jawab dan isitasi ke Shoeroom dan Pelayanan” (Humas- Bambang Haryanto, Endang Purwanti Pustekdata)