Bidang Kompetensi

Berita



PEMBUKAAN BIMBINGAN TEKNIS PENGOLAHAN DATA PENGINDERAAN JAUH DAN SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS (SIG) TINGKAT DASAR KERJASAMA PUSTEKDATA LAPAN – BPPK KEMENTERIAN LUAR NEGERI
Penulis Berita : Bambang Haryanto • Fotografer : Humas • 14 Dec 2020 • Dibaca : 186 x ,

DE-INDERAJA| Jakarta, Senin, 14 Desember 2020, Pusat Teknologi dan Data Penginderaan Jauh bekerjasama dengan Badan Pengkajian dan Pengembangan Kebijakan (BPPK) – Kementerian Luar Negeri RI menyelenggarakan Bimbingan Teknis Pengolahan Data Penginderaan Jauh dan Sistem Informasi Geografis (SIG) Tingkat Dasar yang dilaksanakan secara online selama lima hari kerja terhitung pada tanggal 14 s.d. 18 Desember 2020, di Pustkdata LAPAN Jakarta Timur. 

Hadir acara pembukaan bimtek antara lain Dr. Siswo Pramono Kepala Badan Pengkajian dan Pengembangan Kebijakan (BPPK) di dampingi Nina Kurnia Widhi Sekretaris BPPK, Dr. Ben Perkasa Drajat Kepala Pusat Pengkajian dan Pengembangan Kebijakan  Kawasan Amerika dan Eropa serta seluruh bimtek berjumlah 20 peserta terdiri dari 7 peserta dari Pusat P2K2 Aspasaf, 5 peserta dari Pusat P2K2 Amerop, 6 peserta dari Pusat P2K Multilateral dan 2 peserta dari Pustik KP, sedangkan dari LAPAN Dr. Orbita Roswintiarti, M.Sc didampingi Kapustekdata Ir. Dedi Irawadi, Kapusfatja Dr. M. Rokhis Komarudin, M.Si, Koordinator Bidang Desiminasi Pustekdata Ir. Rubini Jusuf, M.Si. serta seluruh narasumber dan pengajar.

Sambutan Kepala Badan Pengkajian dan Pengembangan Kebijakan (BPPK) Dr. Siswo Pramono menyampaikan terima kasih atas kerjasamanya serta memberikan apresiasi kepada LAPAN atas terselenggaranya bimtek tingkat dasar, dengan harapan peningkatan sumber daya manusia di bidang teknologi dan aplikasi data penginderaan jauh. 

Sambutan dan Pembukaan oleh Deputi IBidang Penginderaan Jauh Dr. Orbita Roswintiarti, M.Sc bahwa pera LAPAN khususnya di Kedeputian Bidang Penginderaan Jauh ada dua pusat yaitu Pusat Teknologi dan Data Penginderaan Jauh, Pusat Pemanfaatan Penginderaan jauh dan 3 stasiun bumi yang mengakuisis data anata lain stasiun bumi penginderaan jauh di Parepare, stasiun bumi di Rumpin Bogor dan stasiun bumi di Jakarta. Dari akuisisi data tersebut di simpan dan di distribusika kepada pengguna di Kementerin/Lembaga, Pemerintah Daerah dan TNI/POLRI.  

Materi bimbingan teknis antara lain Pengenalan sistem akusisi dan manajemen data penginderaan jauh di LAPAN di sampaikah oleh Ir. Dedi Irawadi Kapustekdata, Pengenalan pemanfaatan penginderaan jauh dan layanan informasi LAPAN di sampaikan oleh Dr. M. Rokhis Komarudin, M.Si Kapusfatja, Pengenalan penginderaan jauh dan pengolahan citra digital disampaikan oleh Ir. Rubini Jusuf, M.Si Koordinator Bidang Desiminasi, Pengenalan interpretasi citra penginderaan jauh di sampaikan oleh Fadila Muchsin, S.T., M.Si. peneliti Pustekdata, Pengenalan pengolahan dan analisis indeks lahan terbangun dari citra penginderaan jauh di sampaikan oleh Drs. Kustiyo, M.Si peneliti Pustekdata dan Pusfatja dengan tema Pengenalan Sistem Informasi Geografis di sampaikan oleh Mohammad Ardha, S.Si Peneliti Pusfatja.  

Dalam bimbingan teknis ini juga diberikan praktikum pengenalan katalog penginderaan jauh dan cara mengunduh data dari katalog, pengenalan pengolahan dan analisis cahaya lampu dari citra penginderaan jauh, praktikum pengolahan awal data citra (menampilkan citra dan pembuatan citra komposit), pengenalan dan praktikumpenggunaan gps, menampilkan hasil pengukuran gps, digitasi/ deliniasi objek penutup lahan, perhitungan luas area tutupan lahan dan pengisian kelas penggunaan lahan, layout peta tutupan lahan.

Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Satuan Kerja
Peraturan Perundangan
UU No.21 2013
Inpres No.6 2012
JDIH
Multimedia
Foto
Video
Unduh
Unduh File
Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815



© 2021 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL