Field of Competence

News



GENERASI MILENIAL PUSTEKDATA KEMBALI TAMPIL DI ACARA WEBINAR NGOPI MANTAP-1
News Writter : Ngadino • Photographers : Humas Pustekdata • 14 Oct 2020 • Read : 1468 x ,

Rabu, 14 Oktober 2020, Kali ini acara webinar series yang diselenggarakan oleh Pustekdata kembali menampilkan anak muda untuk menjadi pembicara. Webinar series yang diberi nama Webinar “Ngopi Mantap-1”, Ngobrol dan Tukar Pikiran Manajemen Data Penginderaan Jauh dengan Tema “Pengembangan Portal Data Mosaik Penginderaan jauh dan Pemanfaatannya” diselenggarakan secara virtual dengan memanfaatkan Aplikasi Zoom Room Meeting yang dimiliki LAPAN dan bisa disaksikan juga melalui Channel Youtube. Acara ini dimoderatori oleh Siti Desty Wahyuningsih, Peneliti Ahli Pertama Pustekdata LAPAN, ada sekitar 260 pendaftar mengikuti via Zoom Room Meeting dan ada 1.200 subscriber di Channel Youtube.

Narasumber pertama menampilkan tokoh dari luar, yaitu Mohammad Adietya Rahman, Direktur PT Bhumi Prasaja, yang membawakan materi Mengelola Data Penginderaan Jauh dalam Revolusi Industri 4.0. Dalam makalahnya beliau memaparkan Data Inderaja dan Revolusi Industri 4.0,  Geo-Ops: Silos & Disconnects, Isu Kunci Kebijakan Satu Data Indonesia, Data Governance Maturity Model, dan Teknologi Pengelolaan Data Komprehensif.

Narasumber kedua, adalah tokoh milenial dari LAPAN, Gusti Darma Yudha, Peneliti Ahli Muda Pustekdata LAPAN, yang membawakan materi SPACeMAP, Sistem Penyajian Data Penginderaan Jauh yang Cepat, Mudah, Aman dan Popular. Dalam pemaparan ini beliau menjelaskan mulai dari latar belakang, tujuan sampai dengan pemanfaatan dibangunnya SPACeMAP sekaligus menjelaskan berbagai macam fitur yang ada dalam Aplikasi SPACeMAP dan mendemonstrasikan bagaimana cara mengoperasikannya. 

Narasumber ketiga ditampilkan tokoh dari luar, yaitu Sugiyarto, Direktur Toponimi dan Batas Wilayah Kementerian Dalam Negeri. Beliau membawakan materi dengan judul Pemanfaatan Data Mosaik Penginderaan Jauh dalam Mendukung Tugas Pokok dan Fungsi Direktorat Toponimi dan Batas Wilayah Kementerian Dalam Negeri. Pada kesempatan tersebut beliau menjelaskan beberapa pemanfaatan citra satelit dalam penegasan batas daerah/wilayah yaitu citra satelit menjadi salah satu data dasar dalam penegasan batas daerah, identifikasi dan analisa cakupan wilayah secara kartometrik, identifikasi lokasi area-area pemukiman terutama daerah yang tidak terjangkau dalam survey, membantu dalam pelacakan batas dan penentuan titik koordinat.

Acara terakhir dilanjutkan dengan sesi diskusi dan tanya jawab. Seluruh peserta akan dibagikan Sertifikat Elektronik, dan yang tidak kalah menariknya adalah pembagian kuis dari sponsor yaitu PT Bhumi Prasaja dan Hexagon Geospatial kepada tiga orang pemenang dari para peserta. Seluruh rangkaian berjalan dengan tertib dan lancar.


Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
PUSTEKDATA KEMBALI GELAR WEBINAR SERI BAHAGIA-3 DENGAN TEMA “PENGOLAHAN DAN PEMANFAATAN RADAR DALAM PENGINDERAAN JAUH”
17 Sep 2020
Kamis, 17 September 2020, Pusat Teknologi dan Data Penginderaan Jauh (Pustekdata) LAPAN kembali menggelar Webinar Berbagi Hasil Pengolahan Data seri ke-3 (“BAHAGIA-3”) dengan tema “Pengolahan dan Pemanfaatan Radar dalam Penginderaan…
PUSTEKDATA KEMBALI GELAR WEBINAR NGEPOT-2 DENGAN 679 PARTISIPAN
14 Aug 2020
Kamis, 13 Agustus 2020. Sebanyak 679 partisipan mengikuti jalannya Webinar Ngepot (Ngebahas Hotspot) Seri ke-2 dengan tema “Pengembangan Sistem Informasi Hotspot Berbasis Web dan Android serta Pemanfaatannya” yang diselenggarakan oleh…
PUSTEKDATA KEMBALI SUKSES SELENGGARAKAN WEBINAR BAHAGIA SERI KE-2 DENGAN TEMA “SINERGITAS PENYEDIAAN CITRA TERKOREKSI GEOMETRIS UNTUK PENATAAN RUANG”
16 Jul 2020
Kamis, 16 Juli 2020, Pusat Teknologi dan Data Penginderaan Jauh (Pustekdata) LAPAN berhasil menyelenggarakan Webinar Berbagi Hasil Pengolahan Data seri ke-2 (“BAHAGIA - 2”) dengan tema “Sinergitas Penyediaan Citra Terkoreksi…
PUSTEKDATA SUKSES SELENGGARAKAN WEBINAR NGEPOT-1 DENGAN 638 PARTISIPAN.
01 Jul 2020
Selasa, 30 Juni 2020. Setelah berhasil menyelenggarakan Webinar BAHAGIA pertama pada awal bulan Juni 2020 yang lau, kemaren Pustekdata LAPAN sukses selenggarakan Webinar kedua dengan sebutan Webinar NGEPOT (Ngebahas Hotspot)…

Unit
Research and Development Product
Technology
Scientific Writing
Intellectual Property Rights
Regulation
UU No.21 2013
Inpres No.6 2012
JDIH
Multimedia
Photos
Videos
Download
Download File
Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815



© 2020 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL