Bidang Kompetensi

Berita



KOORDINASI TEKNIS PENYEDIAAN CITRA SATELIT DAN SOSIALISASI PORTAL SPACEMAP UNTUK DIREKTORAT INVENTARISASI DAN PEMANTAUAN SUMBER DAYA HUTAN KLHK
Penulis Berita : Siti Desty Wahyuningsih, S.Si. Editor : Drs. Ngadino, Rita Silviana Arlis, S.T. • Fotografer : Siti Desty Wahyuningsih, S.Si. • 07 Jul 2020 • Dibaca : 8426 x ,

DE- INDERAJA |  Jakarta, Selasa, 7 Juli 2020 dilaksanakan Rapat Koordinasi Teknis Penyediaan Citra Satelit untuk Update Data Penutup Lahan Tahun 2020 antara Direktorat Inventarisasi dan Pemantauan Sumber Daya Hutan (IPSDH) KLHK dengan Pusat Teknologi dan Data Penginderaan Jauh (Pustekdata) LAPAN secara online. Pertemuan ini membahas penyediaan citra satelit oleh Pustekdata LAPAN untuk melakukan update data penutup lahan tahun 2020, yaitu pemanfaatan produk Pustekdata berupa Analysis Ready Data (ARD) untuk mendukung Indonesia Devegetation Alert System (IDEAS). Pada kesempatan tersebut disampaikan juga sistem diseminasi, salah satunya penggunaan/akses ke dalam portal SPACeMAP (Sistem Penyajian Data Penginderaan Jauh yang Cepat, Mudah, Aman, dan Populer). Rapat koordinasi dibuka oleh Dr. Ir. R. A. Belinda Arunarwati Margono, M.Sc., Direktur IPSDH KLHK. Acara dihadiri sekitar 97 (sembilanpuluh tujuh) orang secara daring, yang terdiri dari staf teknis IPSDH KLHK dan Balai Pemantapan Kawasan Hutan (BPKH) KLHK serta beberapa peneliti dan perekayasa Pustekdata LAPAN.

Pada kesempatan tersebut, disampaikan Metode dan Hasil Pengolahan Data Landsat 8 (tilebase) dan Modis (Devegetasi) untuk update data penutup lahan tahun 2020 oleh Drs. Kustiyo. M.Si., peneliti ahli madya Pustekdata LAPAN, kemudian dilanjutkan penyampaian Sistem Otomatisasi Pengolahan Landsat 8 (tilebase) dan Modis (Devegetasi) oleh Ayom Widipaminto, M.T, Koordinator Program dan Fasilitas Pustekdata LAPAN. Sistem Diseminasi data penginderaan jauh disampaikan oleh Ir. Rubini Jusuf, M.Si., Koordinator Diseminasi Pustekdata LAPAN yang dilanjutkan dengan pengenalan dan demo penggunaan portal SPACeMAP oleh peneliti Pustekdata, Siti Desty Wahyuningsih, S.Si. Usai paparan, acara dilanjutkan dengan diskusi mengenai kebutuhan data untuk identifikasi penutup lahan, data hasil pengolahan  dan sistem diseminasi data satelit penginderaan jauh.

Kegiatan tersebut diakhiri dengan penyampaian harapan dari Direktur IPSDH KLHK, agar kedepannya kerjasama antara IPSDH KLHK dan Pustekdata LAPAN lebih dikembangkan, serta adanya mekanisme agar KLHK dapat segera memperoleh data yang dihasilkan Pustekdata LAPAN secara mudah dan cepat.


Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Satuan Kerja
Peraturan Perundangan
UU No.21 2013
Inpres No.6 2012
JDIH
Multimedia
Foto
Video
Unduh
Unduh File
Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815



© 2022 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL