Field of Competence

News



PUSTEKDATA SUKSES SELENGGARAKAN WEBINAR NGEPOT-1 DENGAN 638 PARTISIPAN.
News Writter : Ngadino • Photographers : Humas Pustekdata • 01 Jul 2020 • Read : 1559 x ,

Selasa, 30 Juni 2020. Setelah berhasil menyelenggarakan Webinar BAHAGIA pertama pada awal bulan Juni 2020 yang lau, kemaren Pustekdata LAPAN sukses selenggarakan Webinar kedua dengan sebutan Webinar NGEPOT (Ngebahas Hotspot) seri pertama dengan mengambil Tema: “Update dan Kemudahan Akses Data Hotspot”. Acara ini menghadirkan Narasumber handal dan berpengalaman dari LAPAN dan dari KLHK. Sebanyak 638 orang dari berbagai bidang dan disiplin keilmuan seluruh Indonesia mengikuti dengan seksama via Zoom Meeting dan link Youtube Streaming. 

Narasumber pertama, Radian Budiyono, dari Direktorat Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Makalah yang beliau bawakan berjudul “Informasi Hotspot (Titik Panas) Dalam Mendukung Pengendalian  Kebakaran Hutan dan Lahan Tahun 2020”. Salah satu materi yang beliau sampaikan adalah terkait perolehan informasi hotspot secara mudah yang dikembangkan oleh KLHK yaitu Sistem Informasi Peringatan dan Deteksi Dini Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan Berbasis Website disingkat SiPongi dengan alamat situs http://sipongi.menlhk.go.id/home/main.  

Narasumber kedua, Indah Prasasti, Peneliti Senior dari Pusat Pemanfaatan Penginderaan Jauh LAPAN mempresentasikan “Pemantauan Informasi Hotspot untuk Pemantauan Kebakaran Hutan/Lahan”. Diantara materi yang beliau sampaikan adalah terkait Quick Response terhadap kebakaran hutan/lahan. Sebagai contoh tanggap darurat terhadap kebakaran hutan yang terjadi di Provinsi Papua pada 29 November 2019 dan Provinsi Papua Barat pada 04 Februari 2020 dengan memanfaatkan informasi Hotspot. 

Narasumber ketiga, Andy Indradjad, dari Peneliti Senior Pusat Teknologi dan Data Penginderaan Jauh LAPAN yang mengetengahkan “Sistem Produksi Informasi Hotspot – LAPAN (Updating)”. Diantaranya beliau memaparkan terkait rencana kedepan untuk pengembangan sistem perolehan informasi Hotspot berbasis data satelit yang bisa diakses secara online dengan lebih cepat dan akurat. Saat ini sudah ada beberapa institusi yang mengembangkan perolehan informasi hotspot secara cepat dengan berbasis website maupun aplikasi android diantaranya LAPAN, KLHK, BMKG dan BNPB. Kolaborasi dari beberapa institusi tersebut akan membuat perolehan informasi hotspot kedepan akan lebih cepat dan akurat sehingga langsung bisa dimanfaatkan untuk berbagai kepentingan penanganan kebakaran yang memang sangat diperlukan tindakan cepat dan tepat sasaran.  

Setelah selesai presentasi dari ketiga narasumber, acara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab / diskusi. Para partisipan sangat antusias dengan kegiatan ini, mereka mengikuti acara demi acara hingga tuntas acara berakhir.

Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
PUSTEKDATA KEMBALI GELAR WEBINAR SERI BAHAGIA-3 DENGAN TEMA “PENGOLAHAN DAN PEMANFAATAN RADAR DALAM PENGINDERAAN JAUH”
17 Sep 2020
Kamis, 17 September 2020, Pusat Teknologi dan Data Penginderaan Jauh (Pustekdata) LAPAN kembali menggelar Webinar Berbagi Hasil Pengolahan Data seri ke-3 (“BAHAGIA-3”) dengan tema “Pengolahan dan Pemanfaatan Radar dalam Penginderaan…
PUSTEKDATA KEMBALI GELAR WEBINAR NGEPOT-2 DENGAN 679 PARTISIPAN
14 Aug 2020
Kamis, 13 Agustus 2020. Sebanyak 679 partisipan mengikuti jalannya Webinar Ngepot (Ngebahas Hotspot) Seri ke-2 dengan tema “Pengembangan Sistem Informasi Hotspot Berbasis Web dan Android serta Pemanfaatannya” yang diselenggarakan oleh…
PUSTEKDATA KEMBALI SUKSES SELENGGARAKAN WEBINAR BAHAGIA SERI KE-2 DENGAN TEMA “SINERGITAS PENYEDIAAN CITRA TERKOREKSI GEOMETRIS UNTUK PENATAAN RUANG”
16 Jul 2020
Kamis, 16 Juli 2020, Pusat Teknologi dan Data Penginderaan Jauh (Pustekdata) LAPAN berhasil menyelenggarakan Webinar Berbagi Hasil Pengolahan Data seri ke-2 (“BAHAGIA - 2”) dengan tema “Sinergitas Penyediaan Citra Terkoreksi…
PUSTEKDATA SUKSES SELENGGARAKAN WEBINAR NGEPOT-1 DENGAN 638 PARTISIPAN.
01 Jul 2020
Selasa, 30 Juni 2020. Setelah berhasil menyelenggarakan Webinar BAHAGIA pertama pada awal bulan Juni 2020 yang lau, kemaren Pustekdata LAPAN sukses selenggarakan Webinar kedua dengan sebutan Webinar NGEPOT (Ngebahas Hotspot)…

Unit
Research and Development Product
Technology
Scientific Writing
Intellectual Property Rights
Regulation
UU No.21 2013
Inpres No.6 2012
JDIH
Multimedia
Photos
Videos
Download
Download File
Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815



© 2020 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL