Bidang Kompetensi

Berita



SOSIALISASI DAN SERAH TERIMA AKUN SPACeMAP PROVINSI NUSA TENGGARA BARAT
Penulis Berita : Nico Cendiana, Rina Noviana • Fotografer : Nico Cendiana, Rina Noviana • 16 Dec 2019 • Dibaca : 192 x ,

DE – INDERAJA | Kota Mataram, Kamis 12 Desember 2019,  Pusat Teknologi dan Data Penginderaan Jauh (Pustekdata – LAPAN) melakukan kegiatan Sosialisasi SPACeMAP (Sistem Penyajian Data Penginderaan Jauh yang Cepat, Mudah, Aman, dan Populer) yang bertempat di kantor Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Provinsi Nusa Tenggara Barat (DPUPR NTB).

Sosialisasi ini terselenggara dengan kerjasama antara Pusat Teknologi dan Data Penginderaan Jauh (LAPAN) dengan  Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Provinsi Nusa Tenggara Barat. Kegiatan tersebut dibuka oleh Kepala Bidang Tata Ruang DPUPR, Ni Nyoman Yuli Suryani, ST., MT dan Kepala Bidang Diseminasi Pustekdata LAPAN, Ir. Rubini Jusuf, M.Si.. Kegiatan tersebut dihadiri juga Kepala Bidang Penelitian dan Pengembangan Badan Perencanaan Pembangunan, Hj. Suryani Eka Wijaya, ST., MBA., PhD. Adapun peserta kegiatan sosialisasi terdiri dari 20 OPD (Organisasi Perangkat Daerah) di lingkungan Pemerintah Provinsi NTB. Kegiatan sosialisasi dihadiri oleh Kepala Bidang Tata Ruang DPUPR, Penelitian dan Pengembangan dan tim dari Pustekdata LAPAN.

Kegiatan Sosialisasi SPACeMAP dimulai dengan presentasi oleh Kepada Bidang Diseminasi Pustekdata , Ir. Rubini Jusuf, M.Si. yang memberikan informasi mengenai kegunaan aplikasi SPACeMAP serta tujuan diadakannya sosialisasi SPACeMAP. Selanjutnya kegiatan dilakukan dengan memberi panduan terkait cara penggunaannya sehingga diharapkan memberikan informasi yang dapat diakses secara online dan disediakan untuk tiap Provinsi. SPACeMAP memiliki kemampuan menampilkan basemap dari mosaic data resolusi rendah hingga resolusi tinggi serta resolusi sangan tinggi serta dapat menampilkan informasi dari citra penginderaan jauh, menarik service data dari portal, mendukung berbagai tipe data raster, data vektor, manajemen pengguna dan kemampuan geoproccessing.

Portal SPACeMAP Provinsi NTB dapat di akses di http://spacemap.lapan.go.id/ntb dan untuk ketersediaan data di Provinsi NTB yaitu Mosaik Landsat 8 tahun 2015, 2016, 2017, 2018, 2019 (semester 1), Mosaik SPOT 6/7 tahun 2013- 2015, 2014-2917, 2017, 2018, 2019. Mosaik Pleiades tahun 2018. Kegiatan sosialisasi diakhiri dengan serah terima akun (username dan password) yang di tandatangani oleh Kepala Bidang Penelitian dan Pengembangan, Hj. Suryani Eka Wijaya, ST., MBA., PhD., dan penyerahan peta citra satelit (Pleiades) kantor Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Provinsi Nusa Tenggara Barat (DPUPR NTB) dan kantor Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah Provinsi Nusa Tenggara Barat (Bappeda NTB) sebagai cinderamata acara ini. Selanjutnya diharapkan akun tersebut dapat di distribusikan kepada dinas-dinas terkait di lingkungan Provinsi NTB untuk digunakan sesuai dengan kebutuhan.


Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Satuan Kerja
Peraturan Perundangan
UU No.21 2013
Inpres No.6 2012
JDIH
Multimedia
Foto
Video
Unduh
Unduh File
Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815



© 2020 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL