Bidang Kompetensi

Berita



Pelayanan Publik “Sangat Baik”, MenPANRB Beri Penghargaan untuk LAPAN
Penulis Berita : Humas/aul • Fotografer : Humas/aul • 12 Dec 2019 • Dibaca : 137 x ,

DE - INDERAJA | LAPAN melalui Pusat Teknologi dan Data Penginderaan Jauh (Pustekdata) meraih Penghargaan Role Model Penyelenggara Pelayanan Publik dengan predikat “Sangat Baik”. LAPAN berhasil masuk dalam 10 besar Kementerian dan Lembaga dengan Indeks  Pelayanan Publik tertinggi. Penghargaan ini diberikan oleh Kementerian PANRB pada acara Penyampaian Penghargaan Pelayanan Publik Lingkup Kementerian dan Lembaga 2019 yang diselenggarakan di Holding Room Kementerian PANRB, Jakarta, pada Rabu (11/12).

Staf Ahli Presiden Bidang Pemerintahan dan Otonomi Daerah, Jufri Rahman, menyampaikan pesan Menteri PANRB, Tjahyo Kumolo mengenai perkembangan penyelenggaraan pelayanan publik saat ini menganut paradigma “New Public Service”.

Berkembangnya paradigma ini menjadikan masyarakat sebagai pusat dari penyelenggaraan pelayanan publik dan pemerintahan. Ia juga menjelaskan bahwa saat ini harapan dan keinginan masyarakat terhadap pelayanan publik banyak dipengaruhi oleh perkembangan teknologi informasi yang sangat masif. Untuk itu pembangunan good government IT system harus menjadi langkah kongkrit dalam merespon perkembangan tersebut.

“Pemerintah harus berevolusi menjadi pemerintahan yang berparadigma digital. Sehingga pemerintah mampu merespon keinginan masyarakat secara cepat, serta memberikan ruang partisipasi masyarakat untuk membangun Indonesia menjadi lebih baik,” ujar Jufri.

Sementara itu, Deputi Bidang Pelayanan Publik, Diah Natalisa menyatakan bahwa Kementerian dan Lembaga perlu lebih melibatkan masyarakat dalam merumuskan standar pelayanan . “Standar Pelayanan adalah indikator yang sangat penting pada saat kita memperbaiki kualitas pelayanan,” ujarnya. Diah menekankan hasil evaluasi ini bukanlah hasil keseluruhan kondisi lembaga, namun hasil ini agar diterapkan pada unit kerja lain di lingkungan kementerian dan lembaga.

Dalam evaluasi ini ada beberapa aspek penilaian antara lain: aspek kebijakan pelayanan, aspek profesionalisme SDM, aspek sarana dan prasarana, aspek konsultasi dan pengaduan serta aspek inovasi.



Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Satuan Kerja
Peraturan Perundangan
UU No.21 2013
Inpres No.6 2012
JDIH
Multimedia
Foto
Video
Unduh
Unduh File
Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815



© 2020 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL