Bidang Kompetensi

Berita



SOSIALISASI DAN SERAH TERIMA AKUN APLIKASI SPACeMAP UNTUK DIREKTORAT TOPONIMI DAN BATAS DAERAH KEMENTERIAN DALAM NEGERI
Penulis Berita : Siti Desty Wahyuningsih • Fotografer : Siti Desty Wahyuningsih • 27 Nov 2019 • Dibaca : 110 x ,

DE – INDERAJA | Jakarta, Rabu 27 November 2019, Pusat Teknologi dan Data Penginderaan Jauh (Pustekdata) Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) dan Direktorat Toponimi dan Batas Daerah Kementerian Dalam Negeri bekerjasama menyelenggarakan sosialisasi pemanfaatan aplikasi SPACeMAP (Sistem Penyajian Data Penginderaan Jauh yang Cepat, Mudah, Aman, dan Populer) di kantor Direktorat Toponimi dan Batas Daerah Kemendagri.

Kegiatan sosialisasi dihadiri oleh Direktur Toponimi dan Batas Daerah Kemendagri, Indra Gunawan, SE, M.PA., beberapa Kepala Sub Direktorat dan staf teknis di lingkungan Direktorat Toponimi dan Batas Daerah Kemendagri.

Kepala Pusat Teknologi dan Data Penginderaan Jauh LAPAN, Ir. Dedi Irawadi, memberikan paparan mengenai ketersediaan citra satelit resolusi tinggi (SPOT 6/7) dan sangat tinggi (Pleiades) untuk wilayah Indonesia sampai dengan Oktober 2019, serta pengenalan aplikasi SPACeMAP. Kemudian dilanjutkan dengan demo penggunaan aplikasi SPACeMAP dan diskusi mengenai kebutuhan data dan pemanfaatan SPACeMAP untuk toponimi dan batas daerah. Aplikasi SPACeMAP memiliki 1 (satu) portal Indonesia dan 34 (tiga puluh empat) portal provinsi, serta memiliki kemampuan menampilkan mosaik citra satelit Landsat-8, SPOT 6/7, dan Pleiades terupdate yang dimiliki oleh LAPAN.

Direktur Toponimi dan Batas Daerah Kemendagri, Indra Gunawan, SE, M.PA., menyampaikan bahwa aplikasi SPACeMAP ini akan dimanfaatkan secara optimal untuk menunjang kinerja masing-masing Sub Direktorat dan diharapkan apabila nantinya ada pertemuan dengan Pemerintah Daerah maka LAPAN dapat menjadi narasumber terkait penggunaan citra satelit yang ada di aplikasi SPACeMAP. Saat ini, banyak permintaan untuk melihat data-data lama karena banyak terjadi tumpang tindih, sehingga dibutuhkan informasi sejarah pemekaran wilayah untuk pengambilan kebijakan. Kebutuhan citra satelit kedepannya adalah untuk batas laut 34 provinsi dan pulau-pulau kecil.

Kegiatan Sosialisasi di akhiri dengan penandatanganan berita acara serah terima akun SPACeMAP dan penyerahan cenderamata berupa peta citra satelit (Pleiades) kantor Kemendagri dari Kapustekdata kepada Direktur Toponimi dan Batas Daerah Kemendagri.


Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Satuan Kerja
Peraturan Perundangan
UU No.21 2013
Inpres No.6 2012
JDIH
Multimedia
Foto
Video
Unduh
Unduh File
Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815



© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL