Bidang Kompetensi

Berita



PUSTEKDATA MERAIH KATEGORI SANGAT BAIK DALAM EVALUASI PELAYANAN PUBLIK
Penulis Berita : Ir. Rubini Jusuf, M.Si • Fotografer : Tim Yanlik • 20 Nov 2019 • Dibaca : 81 x ,

DE – INDERAJA | Pusat Teknologi Data dan Penginderaan Jauh (Pustekdata) LAPAN meraih hasil kategori Sangat Baik dalam acara Penyampaian Hasil Evaluasi Pelayanan Publik Kementerian/Lembaga yang diselenggarakan oleh Kementerian PANRB hari Selasa, 19 November 2019 di Bidakara Jakarta. Evaluasi ini dilakukan oleh Kementerian PANRB kepada 51 Kementerian dan Lembaga dengan mengacu pada instrument Permen PANRB Nomor 17 Tahun 2017 tentang pedoman penilaian kinerja unit penyelenggara pelayanan publik. Terdapat enam aspek penilaian yaitu Kebijakan Pelayanan, Profesionalisme SDM, Sarana Prasarana, Sistem Informasi Pelayanan Publik, Konsultasi dan Pengaduan, serta Inovasi.

Penyerahan hasil evaluasi ini diberikan langsung oleh Deputi Bidang Pelayanan Publik Kementerian PANRB Prof. Dr. Diah Natalisa, MBA kepada Pustekdata LAPAN yang diwakili oleh Kepala Bidang Diseminasi Pustekdata, Rubini Jusuf.

Dalam paparannya, sebelum dilakukan penyerahan hasil evaluasi ini, Diah Natalisa menyampaikan bahwa aspek penilaian tertinggi pada K/L yakni aspek sarana dan prasarana dengan nilai aspek 4,11 sedangkan untuk aspek paling rendah dan perlu perbaikan adalah aspek inovasi pelayanan dengan nilai 3,09. Diantara 51 K/L yang dinilai dalam hal pelayanan publiknya, ada 2 unit kerja di K/L yang meraih nilai kategori Pelayanan Prima, dan masih ada 2 unit kerja di K/L yang meraih kategori Cukup. Beberapa saran perbaikan yang disampaikan antara lain pelibatan masyarakat dalam perumusan kebijakan pelayanan, pelaksanaan survey kepuasan masyarakan dan tindak lanjutnya serta peningkatan inovasi pelayanan publik melalui modernisasi layanan.

Pemberian hasil evaluasi ini bertujuan untuk memunculkan unit penyelenggara pelayanan yang dapat menjadi contoh (raw model) bagi unit kerja yang lainnya untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik. Diharapkan dengan evaluasi yang dilakukan juga dapat mendorong pertumbuhan ekonomi dan memberi dampak bagi kesejahteraan masyarakat.

“Spirit tersebut perlu terus ditumbuhkan, dijaga, dan ditularkan agar optimisme tersebut mampu mengubah dan membentuk mental ASN yang melayani," ujar Diah.



Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Satuan Kerja
Peraturan Perundangan
UU No.21 2013
Inpres No.6 2012
JDIH
Multimedia
Foto
Video
Unduh
Unduh File
Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815



© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL